• Nusa Tenggara Timur

Ponsel Penumpang Terbakar Dalam Cabin Pesawat, Penerbangan Pesawat Lion Air Tertunda

Imanuel Lodja | Minggu, 26/02/2023 15:40 WIB
Ponsel Penumpang Terbakar Dalam Cabin Pesawat, Penerbangan Pesawat Lion Air Tertunda Pesawat Lion Air

KATANTT.COM--Penerbangan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 693 tujuan Kupang Surabaya, Minggu (26/2/2023) pagi terpaksa tertunda. Penundaan keberangkatan tersebut karena terjadi kebakaran karpet dalam cabin pesawat akibat telepon seluler salah satu penumpangnya terbakar.

Peristiwa terbakarnya karpet dalam cabin pesawat Lion Air tersebut terjadi pada pukul 06.20 Wita akibat meledaknya sebuah telepon seluler milik seorang penumpang bernama Apriyanto Nahak (25) warga Kabupaten Malaka yang hendak berangkat ke Medan.

Peristiwa tersebut bermula pada pukul 05.45 dilakukan boarding penumpang melalui gate 1 Bandara El Tari Kupang. Namun pada saat pesawat push back atau mundur, ponsel milik Apriyanto yang duduk di seat 9D merasakan ponselnya panas sehingga mengeluarkannya dari dalam saku dan membuangnya ke lantai pesawat dan sempat meledak sehingga mengeluarkan api.

Apriyanto sempat menginjak ponselnya dengan tujuan untuk mematikan ponsel tersebut, tetapi ponselnya terus mengeluarkan api dan dan langsung meledak sehingga membakar karpet pesawat.

Akibatnya karpet pesawat terbakar dan menimbulkan asap di dalam cabin pesawat. Karena mengeluarkan banyak asap dalam cabin pesawat, sehingga membuat kepanikan bagi penumpang lainnya dan juga awal pesawat.

Kepanikan tersebut juga membuat penumpang membuka jendela darurat (Emegency Window) tengah sebelah kiri dan para penumpang kemudian diarahkan oleh pramugari untuk kembali turun dan menunggu di ruang tunggu.

Demi keselamatan, membuat pihak maskapai Lion Air pada pukul 07.25 Wita memutuskan menunda sementara keberangkatan pesawat Lion Air yang memiliki rute Kupang-Surabaya dan Jakarta tersebut.

Humas Angkasa Pura I Kupang, Devi Budihanyani yang dikonfirmasi Minggu (26/2/2023) mengatakan insiden yang terjadi dalam cabin pesawat Lion Air JT693 bukan mengalami kebakaran tapi akibat ponsel salah satu penumpang yang mengeluarkan asap. "(Ponsel) enggak meledak, hanya keluar asap," ujarnya.

Dia mengklaim jika usai insiden tersebut pesawat Lion Air tersebut sudah kembali normal dan siap untuk diterbangkan lagi. "Iya pesawatnya tujuan Surabaya tadi pagi ," kata Devi.

Ia juga menjelaskan, bahwa usai kejadian tersebut, sudah langsung dilakukan pengecekan oleh teknisi pesawat. Dan situasi pun kembali normal. Dia mengatakan masih menunggu laporan detail dari pihak maskapai Lion Air tentang insiden yang berakibat pada terjadinya penundaan penerbangan pesawat Lion Air JT693 dengan tujuan Surabaya tersebut.

FOLLOW US