• Nusa Tenggara Timur

Dihantam Gelombang dan Diterjang Hujan Lebat, KM Exel Mati Mesin di Perairan Pulau Kera

Imanuel Lodja | Sabtu, 25/02/2023 20:28 WIB
Dihantam Gelombang dan Diterjang Hujan Lebat, KM Exel Mati Mesin di Perairan Pulau Kera KM Exel yang mengalami mati mesin di perairan sebelah timur Pulau Kera, Kabupaten Kupang ditarik oleh KM Armada, Sabtu (25/2/2023).

KATANTT.COM--KM Exel mengalami mati mesin di perairan sebelah timur Pulau Kera, Kabupaten Kupang, Sabtu (25/2/2023). Tim Rescue Kantor SAR Kupang bersama unsur SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 12 orang kru dari KM Exel yang mengalami mati mesin dalam keadaan selamat.

Kantor SAR Kupang menerima informasi langsung dari nahkoda KM Exel bahwa kapal dengan 12 orang POB mengalami mati mesin di perairan sebelah timur Pulau Kera Kabupaten Kupang. Dengan curah hujan yang cukup tinggi dan tinggi gelombang mencapai 2,50 meter, nahkoda meminta bantuan evakuasi.

Tim SAR Gabungan langsung bergerak ke lokasi kejadian menggunakan RIB 10 Basarnas Kupang. Tim Rescue yang didukung personil Stasiun Bakamla Kupang berhasil menemukan target KM Exel beserta 12 orang POB dalam keadaan selamat pada koordinat 10°04`97,20"S- 123°35`04,50"E.

Setelah korban berhasil dievakuasi, KM Exel ditarik oleh KM Armada. RIB 10 Kupang melaksanakan pendampingan penarikan KM Exel menuju Pantai Pulau Kera. Selanjutnya Tim Rescue Basarnas Kupang, ABK RIB 10 Kupang dan personil Stasiun Bakamla Kupang melaksanakan debriefing.

Operasi SAR kecelakaan kapal motor POB 12 orang mengalami mati mesin di perairan sebelah timur Pulau Kera kabupaten Kupang selesai. Semua unsur dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih atas tugas kemanusiaan yang telah dilaksanakan.

FOLLOW US