• Nusa Tenggara Timur

Belasan Penumpang tak Ditemukan, Kapten KM Express Cantika 77 Dituntut 5 Tahun Penjara

Imanuel Lodja | Kamis, 02/02/2023 11:30 WIB
Belasan Penumpang tak Ditemukan, Kapten KM Express Cantika 77 Dituntut 5 Tahun Penjara Edwin Pareda, nahkoda kapal Express Cantika 77 yang juga warga yang berdomisili di depan Kafe Tebing, Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang resmi ditahan di sel Polda NTT sejak Rabu (2/11/2022).

KATANTT.COM--Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang menuntut Edwin Pareda alias Edwin, Kapten KM Express Cantika 77 penjara selama 5 tahun.

Tuntutan tersebut dinilai sudah pantas karena akibat kelalaiannya, KM Express Cantika tujuan Kupang-Kalabahi, Kabupaten Alor itu terbakar di perairan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang beberapa waktu lalu menewaskan 20 orang dan 17 orang penumpang dinyatakan hilang.

Hal ini terungkap dalam sidang yang digelar virtual di PN Kupang dipimpin Wari Juniati sebagai ketua majelis hakim didampingi dua hakim anggota, Murthada Moh Mberu dan Sisera S. N. Nenohayfeto beragenda pembacaan tuntutan JPU oleh Herman R. Deta, Rabu (1/2/2023).
Sedangkan terdakwa, Edwin Pareda alias Edwin, Kapten KM Express Cantika 77 mengikuti dari Rutan Kelas IIB Kupang.

Selain kurungan badan, Kapten Edwin juga dihukum membayar denda sebesar Rp 50.000.000, subsidiair 6 bulan kurungan dengan perintah terdakwa tetap ditahan. Masa tahan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan.

JPU Herman R. Deta menyatakan, barang bukti berupa 111 buah life jacket warna orange dengan tulisan warna hitam EXP.Cantika 77, Palembang 1 unit life raft, serpihan (Karbon) KM. Express Cantika 77 yang terbakar dikembalikan kepada PT Pelayaran Dharma Indah melalui saksi Syeren Patresya Ririmasse.

"Menetapkan agar terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp2000," jelas Herman R. Deta, saat membacakan tuntutan.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kupang yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, terdakwa Edwin Pareda alias Edwin terbukti bersalah melakukan tindak pidana melayarkan kapal.

Sedangkan yang bersangkutan mengetahui bahwa kapal tersebut tidak layak laut, mengakibatkan kematian penumpang dan kerugian harta benda sebagaimana dalam dakwaan melanggar pasal 302 ayat (3) jo pasal 117 ayat (2) UU 17/2008 tentang Pelayaran sebagaimana telah diubah dengan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja.

Herman menambahkan, berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan maka pembuktian unsur-unsur tindak pidana yang didakwakan, yaitu melanggar pasal 302 ayat (3) jo pasal 117 ayat (2) UU 17/2008 tentang Pelayaran sebagaimana telah diubah dengan UU 11`2020 tentang Cipta Kerja telah terpenuhi.

Setelah dilakukan evakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT terhadap penumpang Kapal KM Express Cantika 77 ditemukan penumpang dalam keadaan selamat sebanyak 323 orang, dan sebanyak 17 orang penumpang dinyatakan hilang.

"Dengan demikian unsur perbuatan sebagaimana dimaksud mengakibatkan kematian seseorang dan kerugian harta benda telah terpenuhi," kata Herman.

Perbuatan terdakwa telah terpenuhi semua unsur rumusan dalam dakwaan pasal 302 ayat (3) jo pasal 117 ayat (2) UU 17/ 2008 tentang Pelayaran sebagaimana telah diubah dengan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja, maka terhadap terdakwa haruslah di pidana setimpal dengan perbuatannya.

"Hal-hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa mengakibatkan 20 orang meninggal dunia. Perbuatan terdakwa mengakibatkan 17 orang hilang," ungkap Herman.

Sidang akan dilanjutkan pada tanggal 7 Februari mendatang, dengan agenda pembacaan pledoi dari terdakwa.

FOLLOW US