• Nusa Tenggara Timur

Penyelundupan Rangka Mobil dari Timor Leste Digagalkan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur

Imanuel Lodja | Jum'at, 23/12/2022 07:07 WIB
Penyelundupan Rangka Mobil dari Timor Leste Digagalkan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur ilustrasi_

KATANTT.COM--Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB menggagalkan upaya penyeludupan rangka mobil Mazda tipe RX 5 dari Timor Leste ke Indonesia.

Rangka mobil tanpa mesin tersebut berhasil diamankan tim patroli patok gabungan TNI - Polri, di Desa Lamaksenulu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rangka mobil Mazda tersebut diangkut menggunakan satu unit truk. Pengemudi kabur saat hendak ditangkap, sehingga barang bukti langsung dibawa ke Mako Satgas Pamtas RI - RDTL Sektor Timur di Umanen.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB, Letkol Inf Yudhi Yahya menjelaskan, rangka mobil tersebut diamankan saat Danpos dan Kapospol bersama anggota melakukan patroli malam.

"Saat patroli bersama itu ditemukan satu unit truk yang didalamnya terdapat satu rangka mobil tanpa mesin, sehingga langsung diamankan," ujarnya, Jumat (23/12/2022).

Menurut Yudhi Yahya, sopir dan pemilik mobil kabur dan masuk kembali ke Timor Leste saat hendak diamankan. "Karena melihat ada patroli, dia langsung lari masuk kembali ke Timor Leste, dan tinggalkan barang bukti di lokasi," katanya.

Setelah dilakukan penandatanganan berita acara, mobil truk beserta rangka mobil mazda tersebut langsung diserahkan ke Bea Cukai Atambua.

Kantor Bea Cukai Atambua akan melakukan pendalaman terkait kepemilikan barang buktinya, sehingga bisa disita sebagai barang milik negara maupun diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Nanti dari kami tentunya melakukan SOP karena yang ditemukan berupa barang sedangkan penbawa atau pemilik kita belum tau. Nanti kita akan lakukan pendalaman, dengan memeriksa saksi-saksi untuk memutuskan apakah menjadi barang milik negara, atau ditemukan orangnya maka diproses lebih lanjut," tambah Kepala Kantor Bea Cukai Atambua, I Made Aryana.

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur bersama pihak terkait akan terus meningkatkan pengawasan di perbatasan, dengan rutin melakukan patroli untuk mencegah aksi penyelundupan jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

FOLLOW US