• Nusa Tenggara Timur

Sukses Pertahankan Tesis, Kemampuan Anggota DPRD Kota Kupang Diapresiasi Tim Penguji Unwira Kupang

Reli Hendrikus | Minggu, 18/12/2022 06:37 WIB
Sukses Pertahankan Tesis, Kemampuan Anggota DPRD Kota Kupang Diapresiasi Tim Penguji Unwira Kupang Anggota DPRD Kota Kupang, Rikardus Outniel Yunatan bersama Tim Penguji pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang usai ujian seminar untuk meraih gelar Magister Manajemen (MM), Sabtu (17/12/2022).

KATANTT.COM--Anggota DPRD Kota Kupang, Rikardus Outniel Yunatan mampu mempertahankan hasil tesis dalam ujian seminar untuk meraih gelar Magister Manajemen (MM) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang.

Tak ayal, kemampuan Rikardus Outniel Yunatan saat ujian seminar, Sabtu (17/12/2022) ini mendapat apresiasi yang baik dari Tim Penguji.

Dalam ujiannya tersebut, hasil penelitian yang disajikan Rikardus Outniel Yunatan melalui sebuah model yang luar biasa, yakni menggunakan Employee Engagement sebagai variabel yang Memoderasi pengaruh pendidikan, disiplin kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada sebuah perusahaan UMKM di Kota Kupang.

Karena itu dosen penguji 1 yaitu Dr. Agapitus Hengki Kaluge dan dosen pembimbing 2 yaitu Dr. M.E. Perseveranda dan dosen pembimbing 2 Dr. Henny A. Manafe mengakui bahwa variabel Employee Engagement sebagai variabel moderasi merupakan hal baru.

Menurut mereka, variabel moderasi ini belum banyak diteliti oleh peneliti sebelumnya pada Prodi Magister Manajemen.

Dosen pembimbing 2- Henny Manafe, memberikan proficiat buat kepada Rikardus yang juga sebagai seorang anggota dewan dan ditambah dengan usianya, namun semangat untuk kuliah masih sangat tinggi.

"Pak Rikardus mampu mengikuti semua arahan dan masukan dari tim Pembimbimg, walaupun pembimbing 1 pak Rikardus berada di Bogor yaitu Prof. Vincent Gaspersz," ujarnya.

Lebih lanjut Henny Manafe selaku pembimbing 2 memgatakan bahwa, bagi calon peneliti yang akan datang dapat memiliki inovasi baru dengan meneliti variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti terdahulu seperti yang telah dilakukan oleh Rikardus.

Sementata itu, dosen penguji I, Dr.Agustinus H. Kaluge mengatakan, dengan judul penelitian yang ada sangat menarik dan ada ke baruannya /Noveltynya, dan ini menarik.

Lebih lanjut menurut dosen penguji I, Hengki sapaan akrabnya bahwa, penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tapi banyak narasi kualitatif yang diuraikan dalam penelitian ini dan menjelaskan deskripsi yang dihasilkan. "Ya walaupun titik beratnya di kuantitatif tapi sedikit mix dengan kualitatif," kata Hengki.

Dan yang lebih menariknya lag, lanjut Hengki analisis yang digunakan yakni analisi SEM (Structural Equation Modeling ) dengan SMARTPLS (Partial Least Square), dan juga variabel yang biasanya digunakan adalah mediasi tapi yang digunakannya adalah variabel moderasi sehingga ini merupakan hal yang baru.

"Dalam tren penilitian biasanya baik secara nasional dan internasional pendekatan moderasi merupakan hal yang baru. Dan kita harus akui di NTT saya tidak tahu di kampus lain di Kupang, tapi di kampus ini yang menggunakan moderasi baru satu satu peneliti, karena kebanyakan peneliti menggunakan mediasi," kata Hengki.

Selain itu, hal baru kedua variabel yang dipakai adalah moderasi employee engagement, dan ini juga merupakan variabel yang jarang di pakai oleh seorang peneliti sehingga ini merupakan hal yang bermanfaat yang diteliti oleh Pak Rikardus.

"Melalui seminar hari ini kami mendapat banyak manfaat bahwa variabel moderasi employee engagement mampu membuat penguatan-penguatan dari variabel bebas yang sebelumnya di moderasi tidak berpengaruh, secara signifikan, tapi setelah variabel bebas yakni disiplin dan kompensasi di moderasi memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Sehingga hal bermanfaat ini yang perlu ditiru bukan saja pada perusahan akan tetapi semua lembaga yang mempekerjakan karyawan dalam meningkatkan sebuah kinerja perlu adanya moderasi salah satunya yakni employee engagement,"jelas Hengki.

Ditambahkannya, employee engagement adalah salah satu faktor yang penting dan diperhatikan demi menjaga kestabilan kesuksesan perusahaan. Apa itu employee engagement dan mengapa demikian? Tidak dapat dipungkiri, di balik kesuksesan sebuah perusahaan ada kinerja para karyawan yang berdedikasi di baliknya.

"Berkaitan dengan peningkatan sebuah kinerja sebuah perusahan tentunya moderasi sangat perlu," kata Hengki.

Karena itu, Hengki berharap hal-hal seperti baru perlu dibudayakan atau dibentuk satu atmosfir para mahasiswa dalam meneliti dilembaga ini. Meneliti bukan sekedar mencari sebuah kelulusan.

Tetapi membuat sesuatu hal yang baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama nusa dan bangsa, serta bermanfaat dan kontribusi bagi dunia keilmuan yang sekarang ini. "Kampus bukan sekedar sebagai menara gandin tapi kampus yang dimiliki oleh publik," pungkas Hengki.

FOLLOW US