• Nusa Tenggara Timur

Satgas Pamtas RI-RDTL Gagalkan Penyelundupan 1,6 Ton Minyak Tanah

Imanuel Lodja | Senin, 05/12/2022 17:34 WIB
Satgas Pamtas RI-RDTL Gagalkan Penyelundupan 1,6 Ton Minyak Tanah Satgas Pamtas Sektor Timur dari Yonif Raider Khusus 744/SYB saat mengamankan jerigen berisi bahan bakar minyak jenis minyak tanah, di Pantai Sukaerlaran, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu.

KATANTT.COM--Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) Sektor Timur dari Yonif Raider Khusus 744/SYB menggagalkan aksi penyelundupan bahan bakar minyak jenis minyak tanah, di Pantai Sukaerlaran, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebanyak 1.600 liter minyak tanah ini saat ditemukan telah diisi ke dalam jeriken berukuran 29 liter berjumlah 72 buah, yang siap untuk diangkut ke atas perahu lalu diselundupkan ke Timor Leste melalui jalur laut.

Danki Pam 1 Mota Ain, Lettu Inf. Harfi Sarwo Sasongko menjelaskan, ribuan liter minyak tanah yang hendak diselundupkan ini diamankan, saat dia bersama anggota melakukan patroli di sepanjang pantai.

"Saat berpatroli rutin kita dapati puluhan jeriken berisi minyak tanah ribuan liter, sehingga langsung kita amankan. Para pelaku melarikan diri menggunakan perahu," katanya, Senin (5/12/2022).

Menurut Harfi Sarwo Sasongko, sebanyak 72 jerigen ukuran 20 liter atau 1.600 liter minyak tanah subsidi itu disimpan para pelaku di lokasi, sambil menunggu kapal atau perahu untuk mengangkutnya.

"Diduga akan diselundupkan melalui jalur perairan Atapupu ke Negara Timor Leste. Yang jelas ini akan diselundupkan melalui jalur laut ke Timor Leste. Kami disini melakukan penggagalan penyelundupan di perbatasan," tegasnya.

Setelah menggagalkan aksi penyelundupan tersebut, barang bukti 1,6 ton minyak tanah tanpa pemiliknya itu langsung dibawa anggota patroli ke Pos Mota’ain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut di Mako Satgas.

"Guna proses lanjut, barang bukti hasil tersebut langsung diamankan anggota Pos Mota’ain ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL, Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, untuk diselidiki siapa pemiliknya," tutup Harfi Sarwo Sasongko.

FOLLOW US