• Bisnis

Kemudahan Akses Kredit Merdeka Bank NTT Sangat Membantu UMKM di Malaka

Imanuel Lodja | Sabtu, 19/11/2022 10:30 WIB
Kemudahan Akses Kredit Merdeka Bank NTT Sangat Membantu UMKM di Malaka Tim Juri, Dr James Adam yang merupakan akademisi didampingi pendamping Kristoforus Seda dari Divisi Kredit kantor pusat bersama teman-teman dari bagian kredit Kantor Cabang Betun, berkunjung ke Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka, Rabu (16/11/2022).

KATANTT.COM--Kemudahan akses Kredit Mikro Merdeka dari Bank NTT sangat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Malaka dalam mendapat modal usahanya. Pasalnya, belum semua pelaku UMKM mendapat kemudahan untuk akses kredit.

"Sentuhan program Bank NTT dalam memberikan akses Kredit Mikro Merdeka kepada para UMKM yang ada di Desa Wehali, karena program Kredit Merdeka sangat diperlukan," kata Sekretaris Desa Wehali, Hironimus Seran, SE, kepada Tim Juri Festival Desa Binaan Bank NTT dan PAD 2022, Rabu (16/11/2022).

Karena itu, Hironimus Seran berharap Bank NTT perlu membangun kemitraan dengan Bumdes di desa (bagi desa yang bumdesnya sudah berjalan) dan mendorong BUMDA di tingkat kabupaten untuk segera dibentuk dalam pengelolaan pasar desa seperti retribusi karcis, listrik, air bersih dan parkiran.

Selain itu, Hironimus mendorong Bank NTT untuk bermitra dengan desa yang berpotensi pariwisata baik wisata pantai dan sektor perikanan.

Ia juga meminta Pemkab Malaka untuk segera membuat BUMDA (badan usaha milik daerah) dengan badan pengurus yang berprofesional agar bisa mengidentifikasi potensi-potensi yang ada di setiap desa dan dikelola Bumdes.

Dengan demikian lanjut dia, Bumda dan Bumdes dapat berkolaborasi untuk memajukan setiap potensi yang ada di desa masing-masing untuk ditingkatkan. "Kalau bisa bumda bisa memberikan pendampingan atau pelatihan kepada setiap UMKM yang ada di desa," pintanya.

Tim Juri Festivak Desa Binaan Bank NTT dan Pendapatan Asli Daerah 2022, Dr James Adam merespon dengan mengatakan bahwa terkait Bumdes maka kalau mau bekerja sama dengan Bumda, Bumdes harus menyiapkan SDM yang baik dan profesional.

"Bumdes harus membuatkan laporan keuangan secara jelas dan laporankan secara berkala ke kades. Apabila Ada potensi yang bagus di desa bumdes harus menjaga dan kelola dengan baik," jelasnya.

Kunjungan ke Desa Wehali ini merupakan lanjutan penilaian Tim Juri menyambangi desa-desa binaan sekaligus melakukan tugas penjurian.

Tim Juri, Dr James Adam yang merupakan akademisi didampingi pendamping Kristoforus Seda dari Divisi Kredit kantor pusat bersama teman-teman dari bagian kredit Kantor Cabang Betun, berkunjung ke Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka.

FOLLOW US