• Nusa Tenggara Timur

Ini Penjelasan Pengelola KM Express Cantika 77 Soal Jumlah Penumpang Sesuai Manifest

Imanuel Lodja | Kamis, 27/10/2022 13:11 WIB
Ini Penjelasan Pengelola KM Express Cantika 77 Soal Jumlah Penumpang Sesuai Manifest KM Express Cantika

KATANTT.COM--PT Pelayaran Darma Indah yang mengoperasikan KM Express Cantika 77 membeberkan jumlah penumpang tujuan Kupang-Alor sesuai data penjualan tiket.

Kepala Cabang PT Pelayaran Darma Indah Kupang, Syeren Patrisia saat memberikan keterangan pers Rabu (26/10/2022) mengungkapkan, jumlah penumpang sesungguhnya adalah 226 orang.

Jumlah ini terdata sesuai manifest upload sistem penjualan tiket di loket Cantika. "Jumlah ini yang real. Kalau jumlah 167 orang selama ini sesuai manifest awal itu adalah kesalahan teknis pada penjualan tiket kami, karena operator satu saja yang berfungsi. Yang satunya itu eror sehingga dia melakukan penjualan secara manual," jelasnya.

Menurut Syeren Patrisia, ketika data penumpang terupload dan informasi diterima bahwa kapal mengalami kebakaran, pihaknya tidak lagi mengupload manifest ke sistem penjualan tiket. "Setelah evakuasi dengan mengerahkan kapal 9E ke TKP, baru besoknya kami upload nama-nama penumpang ke sistem manifest penjualan tiket kami," jelasnya.

Syeren Patrisia kembali menegaskan, data real penumpang yang membeli tiket di loket Cantika itu 226 dan manifestnya ada. Sedangkan kapasitas KM Cantika Express 77 berjumlah 416 orang penumpang.

"Selain itu kami tidak tahu, karena kalau pengecekan tiket barcode itu, kami diawasi oleh easybook untuk penjualan tiket. Tidak tahu ada kelebihan penumpang, karena manifest real sesuai barcode dan setelah kita upload ke sistem manual ke sistem penjualan, itu hanya 226 orang," ungkapnya lagi.

Namun untuk untuk tanggung jawab, Syeren mengatakan pihaknya selalu siap setiap waktu untuk mengantar pulang seluruh korban menggunakan armada yang telah disediakan, baik yang selamat maupun sudah meninggal dunia untuk kembali ke Alor.

"Dari perusahaan juga menyediakan santunan duka bagi korban meninggal dunia. Kami perusahaan mengucapkan turut berbelasungkawa kepada keluarga korban yang meninggal dunia," tutup Syeren Patrisia.

FOLLOW US