• Bisnis

Diserahkan VBL-JNS, Bank NTT Kucurkan Kredit Merdeka Rp 3 M untuk Peternak di Kabupaten Kupang

Imanuel Lodja | Rabu, 17/08/2022 15:58 WIB
Diserahkan VBL-JNS, Bank NTT Kucurkan Kredit Merdeka Rp 3 M untuk Peternak di Kabupaten Kupang Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, didampingi Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, menyerahkan kredit Mikro Merdeka kepada warga penerima kredit yang diinisiasi oleh Bank NTT. (Foto: Biro AP Setda NTT)

KATANTT.COM--Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi yang akrab dengan tagline (Victory-Joss), menyerahkan kredit Mikro Merdeka kepada peternak di Kabupaten Kupang.

Penyerahan kredit Mikro Merdeka ini bertempat di alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT, seusai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi NTT, Rabu (17/8/2022).

Skim kredit Mikro Merdeka memang sengaja dihadirkan oleh Bank NTT, bagi mereka yang ingin agar usahanya lebih cepat bangkit dan bersaing dengan usaha lainnya di era sulit ini.

Dan, yang menarik dari jenis kredit ini adalah, diperuntukkan bagi mereka yang sudah memiliki usaha, akan diberi modal awal Rp 5 juta, tanpa anggunan, tanpa bunga, dan tanpa rentenir. Setiap pelaku usaha benar-benar merdeka dalam menjalankan usahanya tanpa takut didatangi oleh tengkulak dengan bunga harian yang mencekik.

Saat menyerahkan kredit Mikro Merdeka, di hadapan ribuan tamu undangan, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub NTT, Josef Nae Soi didampingi oleh Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho.

Sedangkan ikut hadir dalam upacara, hampir seluruh direksi yakni Direktur Informasi, Teknologi dan Operasional, Hilarius Minggu, Direktur Kredit, Paulus Stefen Messakh, Komisaris Independen, Samuel Djoh Despasianus.

Kredit Mikro Merdeka ini diperuntukan bagi pengembangan sektor peternakan kepada 10 Kelompok Peternak Sapi di Kabupaten Kupang dengan total pembiayaan Rp 3.000.000.000 (tiga miliar rupiah). Jumlah ternak yang dibiayai sebanyak 300 ternak sapi dan akan terus berlanjut untuk kabupaten lainnya.

Penyerahan Kredit Mikro Merdeka Pengembangan Sektor Peternakan ini diberikan kepada perwakilan 10 orang dari Kelompok Wanita Tani Hijau Makmur Desa Fatukanutu Kabupaten Kupang yang diserahkan langsung oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi dalam spirit yang digelorakan oleh pemerintah secara nasional, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Penyerahan Kredit Mikro Merdeka Pengembangan Sektor Peternakan merupakan suatu kolaborasi luar biasa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTT, Bank NTT dan seluruh pihak stakeholders yang terlibat dalam upaya menumbuhkembangkan usaha peternakan, meningkatkan populasi dan produktifitas ternak sapi di Provinsi NTT.

Untuk diketahui bahwa masih dalam suasana upacara, dilaporkan bahwa upacara ini berlangsung hikmat dengan balutan nuansa budaya NTT dengan setiap tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adat dari berbagai suku dari seluruh 22 kabupaten/kota se-NTT.

Upacara tersebut dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara, turut hadir Wakil Gubernur NTTJosef A. Nae Soi, Sekretaris Daerah Provinsi NTT Domu Warandoy, Jajaran Forkopimda, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, serta para peserta upacara yang terdiri dari Gabungan TNI/POLRI, ASN, dan para pelajar perwakilan SD, SMP dan SMA.

Bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Letnan Kolonel Arhanud Kiki Aji Wiriawan, SSos, (Komandan Batalyon Arhanud 9/Angkasa Widya Jayanta). Sementara itu untuk pasukan Paskibraka yang bertindak sebagai Komandan Paskibraka yakni Ipda Quin Tuhu Leruw (Kanit 1 Subden 3 Detasemen Gegana Brimob Polda NTT), Komandan Peleton 17 yakni Dimas Umbu Leti (siswa Kelas XI Madrasah Aljihat Mamboro Sumba Tengah).

Sedangkan, Pembawa Baki oleh Natasya Olivia Bessie (Siswa Kelas XI SMA Kristen Citra Bangsa Kota Kupang), dan Pengibar diantaranya Victorianus Kevin Radho (Siswa Kelas XI SMKS St. Isidorus Boawae Nagekeo), Ababil Salaman (Siswa Kelas XI SMA Negeri Wolowaru Ende) dan Yehezkiel Argian (Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong Manggarai).

FOLLOW US