• Bisnis

Kadin NTT Komit Berkolaborasi dengan Pemda Entaskan Kemiskinan di NTT

Semy Andy Pah | Selasa, 12/07/2022 10:17 WIB
Kadin NTT Komit Berkolaborasi dengan Pemda Entaskan Kemiskinan di NTT Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid didampingi Gubernur NTT, Viktor Laiskodat bersama para Jenderad diantaranya, Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Letjen (Purn) Doni Monardo, dan Danjen Kopassus Mayjen. Iwan Setiawan usai pelantikan pengurus Kadin NTT periode 2021-2026.

KATANTT.COM--Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Nusa Tenggara Timur menyatakan komitmennya bergandengan tangan bersama pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam melawan dan mengentaskan kemiskinan.

Komitmen ini disampaikan langsung Ketua Umum Kadin NTT, Bobby Lianto usai dilantik Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid bersama pengurus Kadin NTT lain masa jabatan 2021-2026 di aula El Tari, Senin (11/7/2022).

Menariknya, acara ini dihadiri para Jenderad diantaranya, Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Letjen (Purn) Doni Monardo, dan Danjen Kopassus Mayjen. Iwan Setiawan. Para bintang ini mendampingi Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.

Untuk diketahui bahwa Bobby Lianto, terpilih secara aklamasi menggantikan Ir. Abraham Paul Liyanto dalam forum Musyawarah Provinsi (Musprov) Kadin NTT yang digelar Desember 2021 silam.

Bobby Lianto pada kesempatan tersebut memberi apresiasi kepada para Jenderal yang hadir memberikan dukungan dalam momentum pelantikan tersebut.

"Kami mendapatkan dukungan besar dari Ketum Kadin yang hari ini hadir bersama para bintang, kita bersama-sama bersatu untuk perang melawan kemiskinan dan bersama-sama mengawal kebangkitan ekonomi NTT," katanya.

Ia bertekad membangun kebersama dengan seluruh pengurus siap menggerakkan Kadin dengan kerja-kerja nyata, sebelum dilantik, salah satu wujud kerja nyata kita adalah melakukan ekspor produk lokal NTT ke Singapura.

Kadin NTT kata Bobby, sebelumnya telah mengirimkan produk UMKM NTT ke Timor Leste. Juga semua pengurus telah bekerja termasuk menggelar vaksinasi hingga ke pelosok desa sebanyak 9.902 dosis vaksin untuk kekebalan tubuh masyarakat menghadapi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Kadin NTT menyerahkan bantuan mesin oksigen generator dengan kapasitas 100 tabung untuk masyarakat Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sikka yang diterima langsung oleh Bupati Sikka, Roby Idong.

Selain itu, Kadin NTT juga menggelar pelatihan entrepreneurship, membuka sekolah ekspor agar anak-anak muda bisa belajar untuk eskpor. Pelatihan 1.000 startup, pasar tani, UMKM, dan menjalin kerja sama dengan perbankan terutama Bank NTT.

"Bahkan kita juga mengajar secara online Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman untuk anak-anak kita hingga ke desa-desa di NTT," ujarnya

Kadin NTT juga menjalin kerjasama dengan Balai POM agar UMKM bisa naik kelas dengan standar BPOM agar bisa diekspor sampai ke luar negeri, serta kursus pekejing untuk produk UMKM dari masyarakat di desa-desa.

Menurut Bobby, Kadin NTT juga memberikan fokus pada energi baru terbarukan menggunakan mesin yang dipesan langsung dari China.

"Sejak pertama kali pak Ketum Kadin menyinggung soal energy baru terbarukan, kami di Kadin NTT sudah memulai dan akan diproduksi untuk mengganti batu bara," tambahnya.

Pada bulan Agustus 2022, Kadin NTT ke Australia untuk melihat potensi kerja sama,Pada November 2022, direncanakan akan ke China.

Ia mengaku roadshow ini juga sekaligus membangun diplomasi dan dinamai Diplomasi Kain Tenun NTT. "Kami selalu mempromosikan kain tenun NTT, dan semua kekayaan di NTT, Labuan Bajo, Flores, dan lainnya selalu dipromosikan agar menarik wisatawan berkunjung ke NTT," ujarnya.

Semantara Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengungkapkan bajwa kini tengah terjadi perang ekonomi dan perang pandemi Covid-19. Dan, Indonesia saat ini mempunyai banyak potensi, sumber daya dan produk unggulan.

"Apa yang sudah dilakukan oleh Kadin NTT adalah bagaimana kita berjuang untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan ekonomi. Ekspor kita naik 32 persen, ini adalah kehebatan kita," ujarnya.

Ekonomi NTT pun kata dia, terus bertumbuh jika dibandingkan tahun 2020. Diharapkan tahun 2022 ini lebih baik dari tahun 2021.

Ia menyebut bahwa ekonomi Indonesia tumbuh sangat positif, meski banyak tantangannya, salah satunya adalah perang Rusia dan Ukraina, yang jberpengaruh sampai di Indonesia.

"Harga pangan naik, pesta demokrasi juga harus dipersiapkan secara baik agar UMKM dapat menggunakan digital ini, juga menciptakan UMKM agar bisa membuka lapangan pekerjaan,” ucap Arsjad.

Pada kesempatan yang sama Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, memberikan apresiasi kepada Kadin Indonesia dan Kadin NTT yang bekerja luar biasa.

Menurut Viktor Laiskodat, provinsi ini memiliki banyak kekayaan dan keunikan serta keindahan yang sangat luar biasa.

"Saya berterima kasih kepada TNI khsusnya bang Maruli yang membawa kelor sebagai makanan bagi semua prajurit. Bang Maruli hatinya sangat tulus untuk NTT," aku Viktor Laiskodat.

Kelor ini jelas Viktor harus menjadi rujukan sebagai makanan tambahan untuk masalah kurang gizi atau stunting. Kadin NTT dan Kadin Indonesia, sangat dibutuhkan kerja sama dan kerja nyata.

Ia juga menyinggung tentang kenaikan harga tiket ke Pulau Komodo. Menurut dia, kebijakan yang diambil itu berdasarkan hasil kajian para ahli.

"Kami mau melaunching sebuah sistim yang akan mengatur Taman Nasional Komodo agar tidak lagi masuk sembarang orang. Yang sudah terjual kami kasih ruang sampai Desember 2022," katanya.

Untuk itu kata dia, masuk bulan Januari 2023, tidak ada lagi yang menuju Ke Pulau Komodo kecuali Pulau Rinca, tidak ada lagi yang ke sana lalu kasih makan komodo seperti selama ini terjadi di Pulau Komodo.

"Kita mau mengembalikan Komodo agar hidup dalam kenyamanan yang liar, riset lanjutan akan disiapkan dengan baik agar habitat Komodo di Pulau Komodo tetap menjadi liar,” tegasnya.

FOLLOW US