• Nusa Tenggara Timur

Pastikan Keamanan Pasca Pilpres Timor Leste, Polisi di Perbatasan Perketat Patroli

Imanuel Lodja | Senin, 25/04/2022 10:16 WIB
Pastikan Keamanan Pasca Pilpres Timor Leste, Polisi di Perbatasan Perketat Patroli Miomaffo Timur, Iptu Fery Nur Alamsyah melakukan patroli bersama anggota di wilayah perbatasan Kabupaten TTU dengan Distrik Oecusii-Timor Leste,

KATANTT.COM--Pemilihan Presiden (Pilpres) putaran II negara Timor Leste telah berlangsung pekan lalu. Sesuai hasil perhitungan sementara yang telah terangkum dari (staetl.org), hampir semua hasil perhitungan telah final dan diungguli oleh Jose Ramos Horta atas petahana Fransisco Guterres Lu Olo.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara Pilpres Putaran II dari situs resmi Sekretariat Teknik Administrasi Pemilihan Presiden Timor Leste Putaran II (staetl.org), Jose Ramos Horta unggul atas petahana Lu Olo.

Perolehan suara tersebut dihitung dari jumlah suara yang masuk dari 13 distrik di Negara Timor Leste serta dari 7 Negara yang menggelar Pilpres khusus untuk warga Timor Leste.

Terkait dengan hasil ini, polisi dari Polsek Miomaffo Timur, Polres Timor Tengah Utara (TTU) mengintensifkan patroli perbatasan Indonesia - Timor Leste distrik Oecusi yang masuk wilayah hukum Polsek Miomaffo Timur.

Patroli dipimpin Kapolsek Miomaffo Timur Iptu Fery Nur Alamsyah, SH bersama anggota Aipda Daniel Faturuan dan Kanit Reskrim, Aipda Boedy, Kanit Binmas, Aipda Kadek Kajeng Yudiatira, Kanit Sabhara, Bripka Frengky Santos, Aipda Jochy Bere, Bripka Gusty dan Bripka Frengky Santos dari Polsubsektor Napan.

Kapolsek dan anggota berpatroli di sepanjang jalan raya dan jalan desa batas Indonesia-Timor Leste di Napan Distrik Oecusi, Kecamatan Bikomi Utara.

Patroli perbatasan dilakukan untuk memantau situasi kamtibmas terkhusus jalur-jalur yang rawan aksi penyelundupan kenderaan, BBM dan sembako.

Polisi juga memantau situasi di perbatasan negara Indonesia dengan negara Timor Leste khususnya di Distrik Oecusi Napan pasca Pemilu Presiden putaran ke dua yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2022 yang dimenangkan oleh calon presiden Jose Ramos Horta.

Dalam patroli ini, polisi memantau masyarakat sekitar perbatasan, kegiatan masyarakat/tempat berkumpulnya masyarakat diperbatasan dan aktivitas anggota Polri yang bertugas di perbatasan distrik Oecusi.

Selain mmantau situasi kamtibmas sepanjang rute yang dilalui, Kapolsek dan anggota juga menghimbau masyarakat agar menginformasikan ke aparat keamanan apabila ada hal-hal yang berpotensi gangguan Kamtibmas, pelintas ilegal maupun tindak Pidana penyelundupan barang.

Polisi juga menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta aktif peduli lindungi dengan melaksanakan vaksinasi lengkap hingga dosis ke III.

Kapolsek dan anggota juga menjalin komunikasi dan koordinasi dengan personel yang tugas di perbatasan dan merencanakan kegiatan bersama guna terciptanya Kamtibmas yang kondusif.

"Situasi kamtibmas di wilayah perbatasan kondusif, dan terjalinnya komunikasi dan menyatukan persepsi antar personel yang bertugas diperbatasan," ujar Kapolsek Miomaffo Timur, Iptu Fery Nur Alamsyah, SH, Senin (25/4/2022)

Ia menegaskan kalau patroli ini rutin dilakukan guna meminimalisir aksi penyelundupan di wilayah perbatasan distrik Oecusi Napan Kecamatan Bikomi Utara.

FOLLOW US