• Bisnis

Bandara El Tari-Kupang Buka Layanan Vaksin Booster untuk Penumpang

Semy Andy Pah | Minggu, 24/04/2022 18:26 WIB
 Bandara El Tari-Kupang Buka Layanan Vaksin Booster untuk Penumpang Pembukaan Posko Lebaran di Bandara El Tari-Kupang, Minggu (24/4/2022).

KATANTT.COM--Bandara Internasional El Tari-Kupang membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster atau penguat bagi calon penumpang, masyarakat, maupun komunitas bandara di Posko Kesehatan per Senin (25/4/2022) besok.

General Manager Bandara El Tari-Kupang, I Nyoman Noer Rohim mengatakan layanan vaksinasi Covid-19 booster di Bandara El Tari Kupang ini sudah dikoordinasikan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan selaku penyelenggara maupun RS Lanud El Tari dan TNI AL

"Tidak hanya penumpang, kami tadi sudah sepakat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai penyelenggaranya untuk juga dibuka vaksinasi bagi masyarakat umum plus juga komunitas Bandara El Tari-Kupang," kata I Nyoman Noer Rohim kepada wartawan di Bandara El Tari-Kupang, Minggu (24/4/2022).

Vaksin Booster dan vaksin kedua akan dipusatkan di area dropzone terminal Bandara El Tari-Kupang mulai pukul 08.00 - 12.00 WITA setiap hari Senin sampai dengan Jumat.

Menurut Nyoman, layanan vaksinasi Covid-19 booster dan dosis kedua di Bandara El Tari ditujukan memudahkan calon penumpang yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama maupun kedua.

Di lokasi ini kata dia, disiagakan 1 unit kendaraan yang diperuntukan untuk vaksin mobile yang terletak di depan Alfa Express untuk setiap hari Senin dan Jumat.

Menurut Nyoman, menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 dan libur panjang tanggal 29 April - 6 Mei 2022 mendatang, PT. Angkasa Pura I Bandara El Tari– upang bersama komunitas bandara (TNI-Polri, Otoritas Bandara Wilayah IV, BMKG, Basarnas, Airnav, CIQ, Airline, Groundhandling) membuka Posko Lebaran di Bandara El Tari.

"Posko Lebaran ini mulai beroperasi sejak tanggal 25 April tanggal 10 Mei 2022," kata General Manager Bandara El Tari–Kupang, I Nyoman Noer Rohim.

Posko angkutan udara Hari Raya Idul Fitri ini jelas Nyoman, terdiri dari 3 Posko yaitu Posko Keamanan, Posko Kesehatan dan Posko Terpadu. "Posko Terpadu terletak di dekat pintu keluar terminal akan digunakan sebagai penyediaan data dan monitoring dan untuk posko keamanan terletak di sebelah Gedung Perkantoran Bandara El Tari–Kupang,” ujarnya.

Ia menyebut libur panjang dan perayaan Idul Fitri 1443 H ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilahturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman. Selama hampir 2 tahun ini Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Karena itu, pemerintah melakukan kebijakan untuk pengetatan terhadap orang yang akan melakukan perjalanan dalam negeri baik itu melalui darat, laut maupun udara.

“Pada periode angkutan lebaran tahun 2022 ini diperkirakan akan terjadi peningkatan penumpang, pesawat dan cargo baik itu yang berangkat dari Bandara El Tari maupun yang datang ke Bandara El Tari. Di mana untuk penumpang di tahun 2021 tercatat sebanyak 26.725 pax sedangkan untuk tahun 2022 diprediksi mengalami peningkatan sebesar 105,73% atau sebanyak 54.982 pax," jelasnya.

FOLLOW US