• Nusa Tenggara Timur

Casis Bintara tak Lulus Pemeriksaan Kesehatan dapat Pendampingan Psikologi

Imanuel Lodja | Sabtu, 23/04/2022 09:02 WIB
Casis Bintara tak Lulus Pemeriksaan Kesehatan dapat Pendampingan Psikologi Petugas bagian Psikologi Biro SDM Polda NTT saat memberikan konseling bagi casis bintara Polri yang tidak lulus pemeriksaan kesehatan tahap I.

KATANTT.COM--Ratusan calon siswa (casis) peserta penerimaan Bintara Polri Panda Polda NTT TA 2022 berguguran saat pemeriksaan kesehatan tahap I.

Hingga hari kelima pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tercatat 800 orang peserta tidak lulus pemeriksaan kesehatan I terdiri dari 641 orang pria dan 159 orang wanita.

Sementara peserta yang lulus sebanyak 1.422 orang terdiri dari 1.154 orang pria dan 268 orang wanita. Panitia menyediakan petugas psikolog dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda NTT.

Setiap selesai pengumuman kelulusan hasil pemeriksaan kesehatan I, sejumlah petugas psikologi dipimpin Kompol Dwi Chrismawan dan Iptu Juan A Djara melakukan konseling bagi peserta yang tidak lulus pemeriksaan kesehatan.

Para petugas psikologi memberikan arahan dan nasehat agar peserta tidak perlu kecewa dan putus asa.

Para peserta diminta untuk lapang dada menerima hasil dan mempersiapkan diri jika masih ada kesempatan mengikuti tes pada tahun berikutnya.

Peserta juga disarankan melakukan konsultasi kesehatan dengan petugas kesehatan usai pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.

Pihak Bid Dokkes menyiapkan ruang konsultasi kesehatan agar peserta yang tidak lulus kesehatan bisa menanyakan alasan dan kendala sehinggga tidak lulus pemeriksaan kesehatan.

Proses penerimaan terpadu Polri Polda NTT TA 2022 mulai melaksanakan pemeriksaan kesehatan sejak Senin (18/4/2022).

Pemeriksaan bagi calon siswa (casis) bintara Polri Polda NTT dilakukan hingga 28 April 2022 mendatang.

Pemeriksaan kesehatan tahap I dipusatkan di Bid Dokkes Polda NTT menggunakan gedung Hemodialisa Rumah Sakit Bhayangkara Kupang.

Sementara pemeriksaan kesehatan bagi calon taruna Akpol baru dilakukan pasca lebaran atau mulai 7-11 Mei 2022.
Khusus untuk casis bintara Polri setiap hari dilakukan pemeriksaan bagi 450 orang casis.

Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan fisik, THT, tensi, kesehatan mulut dan gigi, mata, tinggi dan berat badan.

Sebanyak 5.453 peserta mendaftarkan diri mengikuti seleksi terpadu Polri (Akpol/Bintara) TA 2022 di Polda NTT.

Jumlah ini terdiri dari 5.196 calon bintara Polri yakni 4.257 orang pria dan 938 orang wanita dan 257 calon Akpol terdiri dari 188 orang pria dan 69 orang wanita.

Namun terverifikasi 4.091 orang terdiri dari 4.003 bintara yakni 3.371 orang pria dan 632 orang wanita, 88 orang calon taruna Akpol yakni 80 orang pria dan delapan orang wanita.

Tingginya animo pendaftar ini karena Polri membuka penerimaan untuk beberapa jalur pada penerimaan bintara yakni polisi tugas umum (PTU), Brimob, Bakomsus TI, Polair, tenaga kesehatan, bintara musik, bintara Labfor dan bintara logistik.

Selain menerima lulusan SM/SMK juga diterima lulusan DIII, DIV dan S1 untuk beberapa jalur penerimaan.

FOLLOW US