• Nusa Tenggara Timur

Sepeda Motor Purnawirawan Polri di TTS Raib saat Parkir di Halaman Gereja

Imanuel Lodja | Selasa, 29/03/2022 22:07 WIB
Sepeda Motor Purnawirawan Polri di TTS Raib saat Parkir di Halaman Gereja Pelaku pencurian sepeda motor milik purnawirawan Polri di TTS berhasil dibekuk jajaran Polsek Amanuban Selatan bersama barang bukti.

KATANTT.COM--Kasus pencurian sepeda motor dialami Lukas Fobia (65), purnawirawan Polri beralamat di RT 005/RW 002, Desa Pollo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur.

Ia kehilangan sepeda motor pada Sabtu (26/3/2022) sekitar pukul 19.15 wita yang diparkir di samping Gereja Paroki Sta. Theresia Kanak-kanak Yesus Panite, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten TTS.

Ia kehilangan sepeda motor Honda Revo Fit warna hitam nomor polisi DH 2257 CM, nomor rangka MH1JBK111JK488523 dan nomor mesin JBK1E1484910.

Sepeda motor tersebut dipakai oleh Anton Boisala saat ikut latihan menyanyi di gereja.

Korban kehilangan sepeda motor tanpa plat nomor polisi, pada batok depan terdapat stiker bendera merah putih, stiker warna biru, stiker kalajengking warna merah, stiker spidometer dan pada spakbor depan terdapat stiker Honda.

Awalnya sekitar pukul 17.30 wita, sepeda motor tersebut dikendarai oleh Antonius Boisala dari rumah ke gereja untuk mengikuti latihan nyanyi.

Sepeda motor tersebut diparkir bersamaan dengan sepeda motor milik Dani Babu.

Namun setelah latihan menyanyi, Dani Babu pada saat keluar dari rumah pastoran gereja untuk pulang, ia tidak melihat sepeda motor tersebut.

Begitu pula ketika Anton Boisala selesai latihan nyanyi dan keluar menuju ke tempat sepeda motor tersebut di parkir, sepeda motor tersebut sudah tidak ada lagi.

Anton Boisala memberitahukan kepada peserta latihan nyanyi di gereja tersebut ditambah dengan masyarakat sekitar gedung gereja dan bersama mencari di sekitar lokasi gereja namun tetapi tidak menemukan sepeda motor tersebut.

Korban bersama Anton Boisala kemudian melaporkan kejadian tersebut ke piket SPKT Polsek Amanuban Selatan.

Piket SPKT langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mengumpulkan keterangan.

Polisi mendapat informasi dari Rony Nubatonis bahwa di rumah milik Yulius Nubatonis ada seorang pria mendorong sepeda motor dan meminta bantuan untuk membuka spoler sepeda motor.

Polisi pun mendatangi rumah sesuai informasi tersebut dan didapat informasi dari Yorim Boimau kalau sekitar pukul 20.00 wita, ada seorang laki-laki mengaku bernama Banfatin dengan ciri-ciri berbadan kurus, tinggi, menggunakan jaket warna biru muda dengan tutup kepala, menggunakan tas belakang warna hitam, menggunakan masker warna merah datang ke rumahnya.

Banfatin memberitahukan bahwa sepeda motor miliknya kehilangan kunci kontak.

Ia pun meminta bantuan untuk membongkar spoler depan sepeda motor dengan ciri-ciri Revo Fit warna hitam tanpa plat nomor polisi, pada batok lampu terdapat stiker bendera merah putih, stiker kalajengking warna merah, stiker biru, stiker spidometer, gagang cakram warna merah.

Setelah spoler depan tersebut dibongkor ditinggalkan di rumah milik Yulius Nubatonis dengan janji bahwa besok akan datang mengambilnya dan sekarang terduga pelaku akan menuju ke kampungnya di Basmuti Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten TTS.

Polisi dari Polsek Amanuban Selatan kemudian mengamankan spoler sepeda motor tersebut.

Amankan Pelaku dan Barang Bukti

Kapolsek Amanuban Selatan, Ipda Maks Tameno yang dikonfirmasi Selasa (29/3/2022) mengaku kalau pasca menerima laporan polisi, polisi mengamankan barang bukti yang ditemukan.

Selasa (29/3/2022), polisi mendatangi kediaman Yosina Kaseh di Kampung Kuafeu RT16/RW 05 Dusun II, Desa Basmuti, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten TTS.

Kanit Reskrim Polsek Amanuban Selatan, Aipda Muztafa Achmad, Kanit Sabhara Bripka Kela Nope dan Kanit Propam Aipda Ady Raden Wijaya dipimpin Kapolsek Amanuban Selatan, Ipda Maks Tameno berhasil mengamankan pelaku curanmor Randy Banfatin (17) dan barang bukti 1 unit sepeda motor Honda Revo Fit warna hitam.

"Pelaku dan barang bukti sudah digeser ke Mako Polsek Amanuban Selatan guna proses hukum lebih lanjut," tandas Maks Tameno.

Kejadian pencurian sepeda motor di halaman Gereja Katolik St. Theresia kanak-kanak Yesus Panite yakni sepeda motor Honda Revo Fit milik Lukas Fobia telah dilaporkan ke Polsek Amanuban Selatan dengan laporan polisi nomor LP/14/III/2022/Sek Amanuban Selatan tanggal 27 Maret 2022.

FOLLOW US