• Nusa Tenggara Timur

Nelayan Rote Ndao Pencari Teripang Berhasil Ditemukan Selamat Dekat Perbatasan Australia

Imanuel Lodja | Sabtu, 26/03/2022 13:28 WIB
Nelayan Rote Ndao Pencari Teripang Berhasil Ditemukan Selamat Dekat Perbatasan Australia KN SAR Antareja milik Basarnas saat mengevakuasi ABK KMN Dioskuri yang mati mesin saat mencari teripang di perairan laut Australia.

KATANTT.COM--Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan laporan tentang kapal nelayan yang mengalami mati mesin, di perairan sekitar Australia. Menggunakan KN Antareja 233, operasi SAR pun dilakukan.

Misi penyelamatan itu berhasil. Tujuh orang yang terdiri dari nahkoda dan anak buah kapal (ABK) KM Dioskuri, ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan selamat.

Tim SAR gabungan menggunakan KN Antareja berlayar ke perairan laut Indonesia-Australia, untuk memberikan pertolongan kepada kru KMN Dioskuri, yang mati mesin di titik koordinat perkiraan awal yakni, 12°00`000,00"S-124°53`00,00"E.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Kupang, Emi Frizer kepada wartawan menjelaskan, komunikasi dan koordinasi dengan pemilik kapal diketahui, pada Selasa (22/3/2022) KMN Dioskuri berangkat dari pelabuhan Papela,Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao menuju titik pencarian teripang, di daerah sekitar perbatasan Indonesia-Australia.

Menurut Emi Frizer, sebelum tim SAR gabungan diberangkatkan, Basarnas Command Center (BCC) yang berada di Jakarta telah melakukan koordinasi, serta komunikasi dengan pihak Australia terkait ijin masuk KN SAR Antareja 233 ke perairan Australia.

"Tepat pada pukul 17.00 wita, Operator Komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang memperoleh informasi dari OSC yakni, Kasi Operasi dan Siaga, Saidar Rahmanjaya yang bergabung dalam misi penyelamatan, melaporkan bahwa target operasi berhasil ditemukan pada koordinat 11°03`10,20"S-123°58`35,40"E," ungkapnya, Sabtu (26/3/2022).

Saat ditemukan, kondisi kapal beserta ABK dalam keadaan selamat. Sementara mesin kapal mengalami persoalan, sehingga setelah berkoordinasi dengan pemilik kapal serta nahkoda disepakati, KMN Dioskuri tetap berlayar bersama semua ABK yang telah dipastikan dalam kondisi baik dengan pengawalan KN SAR Antareja hingga memasuki perairan Papela, Kabupaten Rote Ndao dengan jarak tempuh 45,5 NM.

Emi Frizer menambahkan, Sabtu (26/3/2022) hari ini posisi KN SAR Antareja dan KMN Dioskuri berjarak kurang lebih 5 NM dari pelabuhan Papela. Diakibatkan kondisi perairan yang dangkal. KN SAR Antareja tidak dapat melakukan pengawalan dan selanjutnya, KMN Dioskuri melanjutkan perjalanan dan tiba dengan selamat di Pelabuhan Papela Kabupaten Rote Ndao pada pukul 04.00 wita.

"SAR Antareja 233 Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang berhasil tiba dengan selamat di pelabuhan Navigasi Kupang, dan selanjutnya operasi SAR dinyatakan berakhir," tutupnya.

FOLLOW US