• Nusa Tenggara Timur

Di Lembata, Gunung Api Ile Lewotolok Kembali Erupsi

Imanuel Lodja | Jum'at, 11/02/2022 21:30 WIB
Di Lembata, Gunung Api Ile Lewotolok Kembali Erupsi Gunung Ile Lewotolok kembali erupsi Minggu (6/12/2021) sekitar pukul 07.36 wita membuat warga di sekitar gunung waspada dan menjauh hingga 4 kilometer.

KATANTT.COM--Gunung api Ile Lewotolok atau Ile Ape di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.200 meter di atas puncak (± 2.623 meter di atas permukaan laut), Jumat (11/2/2022).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi sementara ini ± 37 detik.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian kepada wartawan mengatakan, letusan disertai dentuman lemah dan erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat Ile Lewotolok siaga sejak 29 November 2020.

Menurut Stanislaus Ara Kian, saat ini gunung Ile Lewotolok berada pada status level III atau siaga dengan rekomendasi, masyarakat di sekitar gunung maupun pengunjung, pendaki atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga kilometer dari puncak, atau kawah gunung.

"Masyarakat Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk, yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah gunung Ile Lewotolok," jelasnya.

Stanislaus Ara Kian menambahkan, mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA), maupun gangguan kesehatan lainnya maka masyarakat yang berada disekitar gunung Ile Lewotolok agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata serta kulit.

Abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling gunung Ile Lewotolok, maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak, agar mewaspadai ancaman lahar terutama disaat musim hujan.

Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Lembata, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax) dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi gunung Ile Lewotolok, yang tidak jelas sumbernya.

"Pemerintah daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Ili Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung," tutupnya.

FOLLOW US