• Nusa Tenggara Timur

Anak-anak di Kota Kupang Kembali Serbu Gerai Vaksin Presisi Polri

Imanuel Lodja | Sabtu, 18/12/2021 04:15 WIB
Anak-anak di Kota Kupang Kembali Serbu Gerai Vaksin Presisi Polri Pelayanan vaksin bagi anak usia di atas enam tahun oleh petugas dari Klinik Polres Kupang Kota di halaman masjid Al Hidayah Oesapa, Jumat (17/12/2021) (KATANTT/Imanuel Lodja)

katantt.com--Hari kedua pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11, hingga 12-17 tahun, Jumat (17/12/2021) kembali diserbu anak-anak usia sekolah dasar.

Vaksinasi bagi anak-anak dan masyarakat umum kali ini dilakukan di halaman masjid Al Hidayah, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Sejak dibuka pada pukul 08.00 wita, banyak anak-anak yang diantar orang tua masing-masing sangat antusias, mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin jenis Sinovac. Mereka berbaur dengan warga lain yang ingin mendapatkan layanan vaksin.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK mengatakan vaksinasi bagi anak usia di atas 6 tahun oleh klinik Polres Kupang Kota mendapat apresiasi terbukti dengan tingginya animo anak-anak mengikuti kegiatan vaksinasi.

"Ketika hari pertama pelaksanaan vaksinasi bagi anak, kami baru mendapatkan informasi pada malam hari dan kami sebarkan dan persiapkan. Ternyata ada 88 orang anak dilayani vasin sinovac dosis I. Hari ini pasti lebih banyak lagi," kata Satrya Perdana Tarung Binti, Jumat (17/12/2021).

Ia menargetkan hingga akhir tahun 2021 ini, 100 persen warga Kota Kupang bisa terlayani vaksin. Hingga saat ini pencapaian peserta vaksin dosis I di Kota Kupang sudah mencapai 86,41 persen, sedangkan vaksinasi tahap II sudah mencapai 65 persen.

Sesuai instruksi terbaru bahwa untuk wilayah kota atau kabupaten yang telah mencapai vaksinasi tahap satu di atas 70 persen dan lansia diatas 60 persen, diperbolehkan melaksanakan vaksinasi bagi anak di atas enam tahun.

"Kota Kupang sudah capai diatas 70 persen vaksinasi tahap pertama dan di atas 60 persen bagi lansia serta 65 persen vaksin dosis II. Target kami hari ini semakin banyak peserta karena stok vaksin juga sudah kita koordinasikan dengan dinas kesehatan cukup," ujarnya.

Menurut nya, vaksinasi bagi anak-anak akan terus digelar di berbagai tempat di Kota Kupang, sehingga herd immunity segera terbentuk.

"(Vaksinasi) untuk anak-anak di Kota Kupang dan tingkatan herd imunitinya semakin baik, itu yang menjadi sasaran kami," tandasnya.

Hingga minggu ketiga bulan Desember 2021, jumlah masyarakat Kota Kupang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 287.988 orang, atau 86.32 persen. Sedangkan vaksinasi dosis tahap dua sebanyak 215.816 orang, atau 64.69 persen dari target vaksin 333.628 orang.

Di halaman masjid Al Hidayah Oesapa, sejumlah anak harus didampingi orang tua karena masih takut mendapatkan vaksin. Sementara itu tidak sedikit anak-anak yang menangis saat penyuntikan vaksin dilakukan.

FOLLOW US