• Nusa Tenggara Timur

Wali Kota Kupang Resmikan Pusat Kuliner Loti Klasis Kota Kupang Timur

Semy Andy Pah | Rabu, 20/10/2021 12:41 WIB
 Wali Kota Kupang Resmikan Pusat Kuliner Loti Klasis Kota Kupang Timur Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore memborong sejumlah kuliner yang di jual pusat kuliner Loti Klasis Kota Kupang Timur.

katantt.com--Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, meresmikan pusat kuliner “Loti Klasis Kota Kupang Timur (K3T)” yang digelar Jemaat GMIT Hosana Sungkaen, Klasis Kupang Timur di Jalur 40, Kelurahan Naimata, Selasa (19/10/21).

Pusat kuliner tersebut bakal menjadi rest area bagi para pengguna jalan di jalur 40 serta warga sekitar untuk melepas dahaga dan mengisi perut dengan jajanan yang disuguhkan jemaat. Ada 15 tenda yang disediakan oleh Bank NTT untuk digunakan oleh jemaat sebagai tempat berjualan, tepat di ujung jembatan Petuk II.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore dalam peresmian tersebut menyampaikan terima kasih kepada Klasis Kota Kupang Timur yang melalui program ini sudah mengingatkan Pemerintah Kota Kupang untuk senantiasa memperhatikan sama saudara yang membutuhkan.

Ia mengaku karena keterbatasan data dan dana, masih banyak warga yang belum tersentuh perhatian Pemkot Kupang.
Karenanya orang nomor satu di Kota Kupang ini mengapresiasi langkah yang diambil oleh Klasis Kota Kupang Timur yang menurutnya sudah membantu tugas pemerintah lewat pemberdayaan ekonomi jemaat dan diyakininya akan menjadi kekuatan yang luar biasa jika dapat diterapkan di tempat lain juga.

Ia berharap langkah ini dapat menjadi contoh bagi warga Kota Kupang lainnya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.
Pada kesempatan tersebut,Jefri Riwu Kore, demikian biasa disapa menuturkan bahwa kurang lebih satu tahun lagi masa jabatannya sebagai wali kota akan berakhir.

Namun Jefri Riwu Kore akan terus berjuang untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada masyarakat kecil yang membutuhkan.

Salah satunya adalah melalui program bedah rumah, yang menyediakan rumah layak huni bagi warga yang tidak mampu. Saat ini sudah ratusan unit rumah yang berhasil dibangun dan ke depan masih akan ada rumah warga yang akan dibedah.

Apresiasi juga disampaikan anggota Majelis Harian Sinode GMIT, Fary Francis yang menyebut program ini sesuai dengan komitmen Sinode GMIT, yakni gereja tidak hanya hadir di mimbar tetapi juga di dapur jemaat dan di pasar untuk pengembangan ekonomi jemaat.

Menurut Fary, langkah yang diambil oleh Klasis Kota Kupang Timur ini dapat menjadi contoh bagi klasis lain dalam rangka pemberdayaan jemaat, karena berbasis data yang dikaji secara mendalam dan melibatkan semua komponen termasuk pemerintah.

Kepada Wali Kota Kupang mewakili Sinode GMIT, Fary Francis meminta untuk tidak hanya sekedar meresmikan lokasi tersebut tetapi juga terus melakukan pendampingan yang berkelanjutan.

Demikian pula dengan Bank NTT yang menurutnya selama ini sudah memberikan dukungan agar dapat meningkatkan supportnya.

Ketua Majelis Klasis Kupang Timur, Pdt. Samuel Pandie, S.Th pada kesempatan yang sama menjelaskan pemilihan nama Loti didasari oleh usaha tim percepatan ekonomi Klasis Kota Kupang Timur yang sudah bekerja keras memeriksa data jemaat yang perlu dibantu.

Menurutnya ‘Loti’ sendiri dalam bahasa Kupang artinya ‘maloi’ (melihat lebih jelas). Secara Alkitabiah kata loti ini menurutnya bertolak dari kisah orang Samaria yang baik hati, yang mau turun dari keledainya untuk melihat lebih dekat orang yang menjadi korban perampokan untuk kemudian ditolongnya. UMKM Loti juga menurutnya bisa diartikan sebagai UMKM Lompat Tinggi.

Saat ini kata dia, Pemuda Klasis Kota Kupang Timur sedang mempersiapkan penerapan digitalisasi bagi pelaku UMKM, juga sedang dalam proses pengurusan izin agar ke depan semua usaha jemaat di klasis tersebut, termasuk koperasi nelayan yang akan dibentuk berbasis pada brand Loti K3T.

Pdt. Samuel mengakui pada mulanya gerakan ini didasari oleh data 20 persen dari 92 ribu jemaat di Klasis Kota Kupang Timur masih berpenghasilan di bawah dari Rp 400 ribu/bulan. Karena itu lewat gerakan ini menurutnya gereja ingin terlibat bersama pemerintah menolong jemaat yang membutuhkan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Percepatan Ekonomi Klasis Kupang Timur, Absalom Sine bahwa Klasis Kota Kupang memiliki tim percepatan ekonomi yang beranggota 23 orang, terdiri atas pendeta, akademisi, praktisi juga politisi.

Dengan langkah sederhana mereka ingin memberikan sumbangan positif bagi kemajuan ekonomi jemaat. Langkah awal mereka adalah pendataan. Hingga saat ini menurutnya untuk sementara ada 1439 pelaku UMKM di Klasis Kota Kupang Timur yang ter data.

Tim bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka, mulai dari pemberdayaan, pendampingan, pembiayaan serta bagaimana menyediakan pasar bagi pelaku ekonomi terutama di tengah pandemi covid 19.

Ditambahkannya masih ada sekitar tiga hingga empat spot kuliner semacam ini di lokasi lainnya. Harapan mereka di masing-masing gereja memiliki spot kuliner sendiri.

Usai meresmikan pusat kuliner Loti K3T, Wali Kota Kupamng, Jefri Riwu Kore bersama undangan yang hadir berkesempatan untuk mengunjungi setiap tenda tempat jemaat menjual kulinernya dan membeli beberapa produk makanan yang dijual.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Kota Kupang Djunaedi Kana dan Satrio Pandie, Pimpinan Cabang Utama Bank NTT, Boy Nunuhitu, Camat Maulafa, Matheos da Costa, S.Sos, M.Si, Lurah Naimata, Hendrikus Banunaek dan Ketua Majelis GMIT Hosana Sungkaen, Pdt. Nyongki Riry, M.Th serta undangan lainnya.

FOLLOW US