• Nusa Tenggara Timur

Nelayan di Kota Kupang Terima Bantuan Perahu dari Rumah Zakat

Semy Andy Pah | Selasa, 31/08/2021 15:35 WIB
 Nelayan di Kota Kupang Terima Bantuan Perahu dari Rumah Zakat Lembaga kemanusiaan Rumah Zakat menyerahkan bantuan dua unit perahu motor bagi nelayan Kota Kupang secara virtual disaksikan Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius Lega mewakili Wali kota Kupang Jefri Riwu Kores dan Lurah Namosain, Ester M.S. Manu.

katantt.com--Lembaga kemanusiaan Rumah Zakat menyerahkan bantuan dua unit perahu motor bagi nelayan Kota Kupang. Perahu motor berukuran 3 GT itu diperuntukkan bagi para nelayan yang terdampak badai siklon tropis Seroja pada April 2021 lalu.

Penyerahan berlangsung secara virtual disaksikan Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH dan Lurah Namosain, Ester M.S. Manu, Selasa (31/8/2021).

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore diwakili Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius R. Lega menyampaikan apresiasi kepada Rumah Zakat dan para donaturnya yang melalui kegiatan ini sudah memberikan perhatian kepada warga Kota Kupang, terutama para nelayan.

Ia mengakui jika pada tahun ini, di tengah perjuangan menghadapi pandemi Covid-19, Kota Kupang juga pada April 2021 lalu diterjang badai siklon tropis Seroja.

"Tidak hanya rumah warga yang rusak berat, tapi juga banyak perahu nelayan yang tersapu badai, yang mengakibatkan banyak nelayan yang kehilangan mata pencahariannya," katanya.

Ignas menambahkan, Pemerintah Kota Kupang telah berupaya baik dengan dukungan anggaran pemerintah daerah, maupun bantuan pemerintah pusat serta sumbangan para mitra dan donatur untuk membantu warga yang terdampak.

Bahkan beberapa hari lalu dalam pertemuan bersama Wakil Menteri Keuangan RI, Suahasil Nazara beberapa waktu lalu, Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH juga sudah menyampaikan permohonan bantuan dari pemerintah pusat khusus bagi para nelayan Kota Kupang yang terdampak badai Seroja lalu.

Menurutnya bantuan perahu dari Rumah Zakat hari ini, sudah menjawab sebagian dari permintaan Wali Kota tersebut. Kepada para nelayan penerima bantuan, Ignas mengimbau untuk memanfaatkan secara baik demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Direktur Program Rumah Zakat, Murni Alit Baginda mengaku kegiatan hari ini merupakan bagian dari komitmen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Dengan bantuan perahu ini dia berharap para nelayan kecil bisa memperoleh akses untuk memanfaatkan sumber daya laut.

Saat badai siklon tropis Seroja melanda Kota Kupang beberapa waktu lalu, Rumah Zakat sudah langsung menerjunkan sejumlah relawannya untuk membantu warga yang terdampak, lewat bantuan makanan siap saji, perlengkapan, obat-obatan, air bersih dan masker.

Pada kesempatan yang sama Murni menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang selama ini terus memberikan dukungan pada Rumah Zakat.

Ia berharap kerja sama ini terus berlanjut karena masih banyak warga terdampak yang membutuhkan uluran tangan.

Ramadhan Ikbal, warga Kelurahan Namosain yang menerima bantuan perahu motor tersebut menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat.

Ia mengatakan bahwa program bantuan semacam ini bisa terus berlanjut, karena masih banyak rekan-rekan nelayan lainnya yang kehilangan perahu dan membutuhkan bantuan.

FOLLOW US