• Nusa Tenggara Timur

Imigrasi Atambua Kembali Deportasi 164 WNA asal RDTL

Imanuel Lodja | Sabtu, 21/08/2021 17:45 WIB
Imigrasi Atambua Kembali Deportasi 164 WNA asal RDTL Ratusan WNA asal RDTL yang merupakan anggota PSHT saat hendak dipulangkan pihak imigrasi Atambua melalui PLBN Motaain karena masuk ke Kabupaten Belu secara ilegal.

katantt.com--Sebanyak 164 orang warga negara asing asal Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) kembali dideportasi dari Kabupaten Belu ke negara asalnya, Sabtu (21/8/2021). Pemulangan ini merupakan gelombang Ketiga oleh Kodim 1605/Atambua, Belu.

Ratusan WNA asal RDTL ini merupakan anggota PSHT yang masuk ke Kabupaten Belu secara ilegal.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, K.A. Halim, Sabtu (21/8/2021) menyebutkan hasil pendataan terhadap warga PSHT asal Timor Leste berjumlah 164 orang dengan rincian laki-laki berjumlah 159 orang dan perempuan berjumlah 5 orang.

Setelah dilakukan pendataan, seluruh anggota PSHT tersebut dikawal langsung menuju PLBN Motaain.

Pengawalan ini dilakukan langsung oleh petugas Imigrasi Atambua beserta sejumlah aparat terkait.

Dalam pengawalan tersebut, sekitar pukul 11.00 Wita, seluruh anggota PSHT bertolak dari Kodim Belu menuju PLBN Motaain untuk proses pemulangan menggunakan alat angkut milik TNI.

Mereka diangkut menggunakan 5 unit truk TNI. Setelah berada di PLBN Motaain, seluruh anggota PSHT WNA Timor Leste tersebut dikumpulkan lagi di ruang terbuka pada gedung Pasar PLBN Motaain.

Di tempat ini, dilakukan proses serah terima dari Imigrasi Indonesia ke Imigrasi Timor Leste.

Penyerahan ini disaksikan langsung oleh saksi dari instansi terkait seperti tentara, polisi, BNPP, Bea-cukai serta perwakilan dari Pemda Belu dan pihak perwakilan Timor Leste lainnya.

Proses serah terima dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua kepada perwakilan pimpinan Imigrasi Timor Leste serta penandatanganan saksi oleh instansi terkait.

Sekitar pukul 13. 00 wita, seluruh warga PSHT tersebut bergerak melintas ke Timor Leste dari Motaain menuju Pos Batas Batu Gade Timor Leste.

 

FOLLOW US