• Nusa Tenggara Timur

Ibu Hamil di Kupang Mulai Diivaksin

Imanuel Lodja | Jum'at, 20/08/2021 17:35 WIB
Ibu Hamil di Kupang Mulai Diivaksin Sejumlah ibu hamil di Kota Kupang mendapat pelayanan vaksinasi Covid-19 kerja sama Tim Penggerak PKK, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Obsterti Ginokelogi Indonesia (POGI) NTT.

katantt.com---Vaksin bagi ibu hamil mulai digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 60 orang ibu hamil di Kota Kupang, disuntik vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

Vaksinasi tersebut terselenggara atas kerja sama Tim Penggerak PKK, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Obsterti Ginokelogi Indonesia (POGI) NTT.

Ketua Tim Penggerak PKK NTT, Julie Sutrisno Laiskodat kepada wartawan, Jumat (20/8/2021) menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19 kematian ibu sudah lebih dari biasanya, sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi dengan gencar vaksinasi.

"Saya sedih mendengar banyak sekali ibu-ibu kematiannya itu lebih dari biasanya. Hal karena ada yang kena covid habis itu sesak nafas, prematurnya banyak sehingga anaknya keluar ibunya meninggal, Ini sedih," anggota DPR RI asal DApil NTT 1 ini.

Menurut Julie, masalah stunting dan gizi buruk sudah tinggi ditambah lagi Covid-19, sehingga vaksinasi bagi ibu hamil harus cepat digalakan agar persoalan-persoalan tersebut bisa diminimalisir.

"Saya takut kalau ibu hamil tidak cepat ditangani saya takut stunting itu tambah naik lagi," ujarnya.

Ia berusaha berkomunikasi dengan stakeholder terkait, sehingga kedepannya seluruh Tim Penggerak PKK di seluruh kabupaten dan kota di NTT, bisa berkolaborasi bersama dinas kesehatan untuk melaksanakan vaksin bagi ibu hamil.

"Ke depannya kita berusaha agar vaksin bagi ibu hamil dilakukan setiap minggunya," tegas Julie.

Jeny, salah satu ibu hamil yang menerima vaksin sinovac mengaku senang, Karena selama ini dia sulit untuk mendapatkan vaksin seperti orang pada umumnya.

"Saya bangga dan sangat lega sebagai ibu hamil, karena akhirnya bisa dapat vaksin Covid-19," tandasnya.

Penularan Covid-19 semakin tinggi, ia pun semakin was-was menyambut kelahiran buah hatinya.

Namun dia lega setelah Ketua Tim Penggerak PKK provinsi NTT memperhatikan khusus ibu hamil.

"Terima kasih ibu Julie Laiskodat, saya siap untuk menerima vaksin Covid-19," ujarnya.


----

FOLLOW US