• Nusa Tenggara Timur

352 Warga Timor Leste Dipulangkan Melalui PLBN Motaain

Imanuel Lodja | Kamis, 19/08/2021 14:56 WIB
352 Warga Timor Leste Dipulangkan Melalui PLBN Motaain Sebagian dari ratusan warga Timor Leste yang dipulangkan ke negara asal menggunakan truk TNI dan Polri melalui PLBN Motaain.

katantt.com--Sebanyak 352 warga negara asing (WNA) asal Timor Leste dipulangkan ke negara asal melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Kamis (19/8/2021) siang. Dari jumlah ini 328 orang adalah anggota organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang menyerahkan diri ke Kodim 1605/Belu.

"Setelah dilakukan pendataan terhadap 328 orang WNA Timor Leste, maka pada pukul 13.00 wita, seluruh WNA tersebut dibawa menuju PLBN Motaain untuk dilakukan pemulangan," kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua, K.A Halim kepada wartawan, kamis (19/8/2021).

Menurut Halim, ratusan WNA asal timor Leste tersebut dipulangkan dari PLBN menggunakan 12 truk milik TNI, Polri ditambah truk umum.

Setelah tiba di PLBN Motaain kata Halim, terdapat penambahan WNA Timor Leste berjumlah 24 orang dengan jenis kelamin laki-laki. Tim kemudian mendata penambahan WNA tersebut dan disatukan dengan WNA lainnya.

"Berdasarkan data yang telah diinput, maka total jumlah WNA yang akan dipulangkan berjumlah 352 orang dengan jenis kelamin laki-laki berjumlah 328 orang dan perempuan berjumlah 24 orang," jelasnya.

Sebelum dilakukan serah terima kata Halim, Kepala Duta Besar RI untuk RDTL, Sahat Sitorus menyampaikan bahwa di tengah pandemi saat ini, perlu dilakukan pemulangan terhadap seluruh WNA Timor Leste agar tidak terpapar Covid-19.

Disampaikan juga agar seluruh WNA Timor Leste yang masih berada di wilayah NTT wajib dipulangkan secara baik dan melalui Pos Lintas Batas Negara.

Sementara, Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf) Wiji Untoro menyampaikan bahwa WNA Timor Leste yang masuk ke Indonesia untuk melakukan pengesahan perguruan PSHT jangan membuat keonaran di wilayah Indonesia.

Pemulangan WNA asal timor Leste ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Timor Leste melalui Konsulat Timor Leste yang mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Indonesia khususnya instansi yang berada di daerah Kabupaten Belu dalam rangka proses pemulangan 352 WNA Timor Leste.

8. Setelah itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua melakukan penandatangan berkas serah terima 352 WNA Timor Leste bersama pihak Imigrasi Timor Leste yang disaksikan oleh seluruh instansi yang hadir guna proses pemulangan melalui PLBN Motaain.

Setelah dilakukan serah terima sebagai kelengkapan proses administrasi, seluruh WNA Timor Leste tersebut dipulangkan melalui PLBN Motaain dan diawasi ketat oleh pihak TNI dan pihak UPF selaku Keamanan Timor Leste.

 

FOLLOW US