• Nusa Tenggara Timur

Berawal Percikan Api Korsleting Listrik, Rumah Warga Kupang Hangus Terbakar

Imanuel Lodja | Rabu, 18/08/2021 15:28 WIB
Berawal Percikan Api Korsleting Listrik, Rumah Warga Kupang Hangus Terbakar Rumah milik Samuel Bernadus Tuka di Desa Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang yang terbakar akibat hubungan pendek arus listrik.

katantt.com--Sebuah rumah di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hangus terbakar, Selasa (17/8/2021) petang.

Diketahui sumber api berasal dari percikan api pada kabel instalasi listrik di dapur sehingga merambat ke bangunan rumah tinggal.

Rumah yang terbakar merupakan milik Samuel Bernadus Tuka (41) di RT 09/RW 04, Dusun II, Desa Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Rifani Inadin Tuka (15) mengakui kalau saat itu ia melihat adanya percikan api pada instalasi kabel yang berada di rumah dapur milik ayahnya, Samuel Tuka.

Melihat hal tersebut, pemilik rumah Samuel Tuka keluar dari rumah untuk mencari orang yang mengerti tentang kelistrikan guna memperbaiki kabel yang mengeluarkan percikan api tersebut.

Namun berselang 20 menit kemudian, nyala api langsung melahap rumah dapur dan merambat ke rumah besar.

Melihat kejadian tersebut, warga di sekitar lokasi kejadian langsung memadamkan api menggunakan air dan peralatan seadanya.

Namun karena hembusan angin yang kencang serta rumah dari Samuel Tuka terbuat dari pelepah gewang dan beratapkan daun dan berukuran 6 meter x 8 meter sehingga api sulit di padamkan dan mengakibatkan rumah tersebut habis terbakar.

"Akibat dari kejadian tersebut, pemilik rumah Samuel Tuka mengalami kerugian materil kurang lebih puluhan juta rupiah. Beruntung tidak terdapat korban jiwa," ujar Humas Polres Kupang, Aipda Lalu Randy Hidayat, Rabu (18/8/2021).

Seluruh isi rumah tidak bisa diselamatkan. Pemilik pun pasrah menyaksikan rumah dan isi nya hangus terbakar.

FOLLOW US