• Nusa Tenggara Timur

Bantu Vaksinasi dan Swab, Polda NTT Siapkan Mobil Senyum

Imanuel Lodja | Kamis, 05/08/2021 16:57 WIB
Bantu Vaksinasi dan Swab, Polda NTT Siapkan Mobil Senyum Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif meninjau keberadaan dan fasilitas yang disediakan mobil senyum untuk pelayanan kesehatan masyarakat secara gratis.

katantt.com--Polda NTT terus melakukan terobosan di masa pandemi Covid-19. Kali ini Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH M.Hum menyiapkan satu unit mobil yang dipakai untuk khusus bidang kesehatan.

Mobil bus ini dinamakan `mobil senyum` yang berfungsi sebagai mobil pelayanan vaksinasi dan swab serta membantu pelayanan kesehatan secara mobile.

Mobil ini dilengkapi beberapa kursi dan meja serta peralatan kesehatan. Ada pula petugas kesehatan khusus yang disiapkan Bidang Dokkes Polda NTT guna melakukan pelayanan kesehatan.

"Mobil ini multi fungsi. Ada dokter dan tenaga medis serta sarana pendukung," tandas Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH M.Hum, Kamis (5/8/2021) usai launching pelayanan mobil ini.

Mobil ini melayani vaksinasi dan swab secara gratis. Pemanfaatan mobil ini pun dilakukan secara mobile dengan sistem jemput bola karena mobil akan mendatangi masyarakat dan melakukan pelayanan secara humanis.

"Seringkali masyarakat trauma dan takut saat mobil ambulance datang dengan petugas yang memakai APD lengkap. maka mobil ini hadir dengan nuansa lain agar lebih humanis. Mobil inipun kami namakan mobil senyum agar masyarakat yang didatangi tersenyum dan sehat setelah mendapatkan pelayanan dari mobil ini," tegasnya.

Kehadiran mobil ini pun merupakan upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat dan keberadaan mobil dimodifikasi agar lebih humanis dan masyarakat tidak takut.

Pelayanan mobil senyum pun dilakukan secara mobile sesuai kemampuan yang ada.

"Mobil senyum akan datangi warga dan kita berikan pelayanan vaksinasi, swab atau pelayanan kesehatan lainnya secara gratis tanpa pungutan biaya," ujarnya.

Mobil senyum pun memiliki multi fungsi untuk pelayanan bantuan sosial dan pelayanan kesehatan lainnya.

"Kita datangi masyarakat untuk vaksin ditempat oleh tim dokter. bisa juga untuk PCR dan mendukung pelayanan drive thue yang selama ini sudah kita lakukan. Jika mobil datang maka kita harapkan masyarakat senyum dan kita upayakan peningkatan pelayanan," tambah Lotharia Latif.

FOLLOW US