• Nusa Tenggara Timur

Kapolda Tak Ingin Penerapan PPKM Darurat di NTT

Imanuel Lodja | Senin, 19/07/2021 16:23 WIB
Kapolda Tak Ingin Penerapan PPKM Darurat di NTT Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif

katantt.com--Kota Kupang dan sebagian besar wilayah NTT menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sehingga sejumlah kegiatan masyarakat pun dibatasi.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH MHum berharap wilayah NTT jangan sampai menerapkan PPKM darurat.
"PPKM skala mikro akan dievaluasi dengan gubernur. Jangan sampai (diterapkan) PPKM darurat," tegas Kapolda NTT, Lotharia Latif, Senin (19/7/2021) di Mapolda NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT ini meminta agar keluar masuk warga di wilayah NTT diperketat apalagi masuknya warga dari luar NTT.

"Warga yang keluar dan masuk ke NTT perlu di cek betul sehingga kita segera keluar dari PPKM mikro," tandasnya.

Evaluasi dilakukan pihak kepolisian dan pemerintah provinsi NTT terkait penanganan dan penerapan PPKM di wilayah NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH M.Hum sudah memerintahkan 21 Kapolres dan Kapolres Kupang Kota untuk segera melakukan langkah antisipasi.

Ia minta Kapolres-Kapolres untuk segera bersama satgas Covid-19 masing-masing kabupaten/kota agar melakukan langkah-langkah pencegahan serta pengawasan kegiatan masyarakat sesuai protokol kesehatan 5M dan melaksanakan 3T.

jenderal polisi bintang dua ini pun meminta agar kegiatan vaksinasi dilakukan secara masif.

"Perketat kembali pengawasan terhadap masyarakat yang masuk dari luar dan tempat-tempat yang potensi ada kerumunan," tegasnya.

Penyuka olah raga tenis lapangan ini meminta agar semua kegiatan ini dilakukan secara humanis dan persuasif.

"Tetapi bila tetap melanggar maka tindak tegas sesuai aturan karena NTT juga masih melaksanakan PPKM Mikro di Indonesia," tegasnya.

Ia berharap masyarakat NTT dengan kesadaran tinggi untuk menjaga NTT tidak masuk daerah yang tinggi dalam penyebaran covid sesuai data harian tersebut

Bupati dan walikota di wilayah NTT diharapkan agar benar-benar peduli terhadap langkah dan kondisi yang ada karena keselamatan rakyat adalah segala-galanya.

Disisi lain, Lotharia Latif mengarahkan Kapolres bersama Satgas Covid 19 di wilayah untuk tidak ragu menutup tempat-tempat yang rawan kerumunan bila ditemukan pelanggaran sampai mereka memenuhi syarat protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

FOLLOW US