• Nusa Tenggara Timur

PT Pelindo III Kupang Siap Dukung Vaksinasi Covid-19

Imanuel Lodja | Jum'at, 16/07/2021 12:58 WIB
 PT Pelindo III Kupang Siap Dukung Vaksinasi Covid-19 KM sabuk Nusantara sandar di Pelabuhan Tenau-Kupang setelah otoritas pelabuhan menghentikan sementara pelayaran akibat sejumlah kru kapal dan penumpang yang terpapar Covid-19.

katantt.com--Kasus covid 19 di wilayah NTT terus mengalami peningkatan. Hingga Rabu (14/7/2021) tercatat sebanyak 8.544 orang positif covid 19 atau naik sebanyak 132 orang dibandingkan satu hari sebelumnya.

Angka yang masih dirawat sebanyak 1.235 orang (naik sebanyak 118 orang), sembuh sebanyak 7.103 orang (naik sebanyak 11 orang).

Tercatat pula jumlah meninggal dunia sebanyak 258 orang dengan rincian konfirmasi sebanyak 206 orang (naik sebanyak 2 orang), probable sebanyak 38 orang dan suspek sebanyak 14 orang.

Berbagai pihak pun gencar melakukan langkah antisipasi seperti kewajiban melakukan vaksin bagi masyarakat.

PT Pelindo III Kupang sebagai salah satu BUMN juga bersedia memberi andil untuk pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di Kota Kupang dan sekitarnya.

"Kami siapkan tempat dan petugas untuk vaksin, namun kami tidak memiliki vaksin. Kalau pihak Dinas kesehatan atau pemerintah mau melakukan vaksin di pelabuhan Tenau Kupang maka kami siap mendukung penuh kegiatan ini," tandas General Manager PT Pelindo III kantor Pelabuhan Tenau Kupang, Agus S. Nazar didampingi manager operasi, Cahyo, Rabu (14/7/2021).

Pihaknya membuka diri jika pihak dinas kesehatan melakukan vaksin di pelabuhan bagi penumpang bagi kru kapal yang beraktivitas di pelabuhan Tenau Kupang.

Petugas PT Pelindo III Kupang juga gencar melakukan penyuluhan dan himbauan agar masyarakat terutama yang melakukan aktivitas di pelabuhan Tenau Kupang untuk taat pada protokol kesehatan.

Petugas Harus Sehat

Seluruh pegawai PT Pelindo III Kupang wajib melakukan cek dini dan fit work baik pagi dan malam sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan petugas di pelabuhan Tenau Kupang sehat dan bebas dari Covid-19.

"Jika saturasi darah di bawah 95, maka pegawai melakukan work from home dan tiga kemudian akan didatangi petugas medis. Jika sudah negatif maka boleh masuk kerja tetapi jika masih positif maka tetap melakukan isolasi mandiri atau perawatan," jelasnya.

Selain itu PT Pelindo III Kupang mewajibkan para petugas dan pegawainya untuk wajib menggunakan masker dobel, memakai sarung tangan dan menjaga jarak.

Disisi lain setiap kapal masuk dan keluar dilakukan validasi kapal serta penumpang dan kru kapal yang tidak melakukan rapid antigen tidak diijinkan berlayar atau turun.

"Wajib rapid antigen," tegasnya.

Pihak PT Pelindo III kantor Pelabuhan Tenau Kupang menerapkan kebijakan membatasi pengantar dan penjemput di wilayah pelabuhan.

Kalaupun ada penjemput atau pengantar maka wajib melakukan protokol kesehatan secara benar dan benar-benar negatif covid 19.

Khusus untuk kapal dari wilayah black zona, maka perlu dilakukan isolasi dan kru kapal atau penumpang positif Covid-19 dikeluarkan dari kapal oleh tim Satgas untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk kapal yang hendak berlayar dari pelabuhan Tenau Kupang maka perlu melakukan PCR test baik kru maupun penumpang kapal.

Pihaknya menerapkan kebijakan apabila ada kru kapal yang masih positif saat jadwal keberangkatan kapal maka tetap menjalani isolasi dan perawatan hingga benar-benar sehat, sementara kapal diperbolehkan berangkat.

PT Pelindo III Kupang, tandasnya siap menjalankan jika ada regulasi dari KSOP dan KKP Kupang.

Ia menghimbau agarmasyarakat tetap menerapkan stay at home demi menekan penyebaran Covid-19.

 

 

 

FOLLOW US