• Nasional

Lebih dari Setengah dari Semua Warga AS Telah Divaksinasi Penuh

Asrul | Rabu, 26/05/2021 09:06 WIB
Lebih dari Setengah dari Semua Warga AS Telah Divaksinasi Penuh Presiden terpilih AS Joe Biden menerima dosis vaksin untuk melawan penyakit virus corona (COVID-19) di ChristianaCare Christiana Hospital, di Newark, Delaware, pada 21 Desember 2020. (Foto: Reuters / Leah Millis)

Washington, katantt.com - Gedung Putih mengatakan, lebih dari setengah dari semua orang dewasa di Amerika Serikat (AS) telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19. Presiden Joe Biden menargetkan, 70 persen orang dewasa AS divaksinasi dengan setidaknya satu suntikan Covid-19 pada liburan Hari Kemerdekaan 4 Juli.

Angka itu datang ketika para pemimpin federal, negara bagian dan lokal terus maju dengan memberikan tembakan COVID-19 kepada orang-orang yang belum menerimanya, sambil juga memerangi keraguan, ketakutan, dan informasi yang salah tentang vaksin.

"Sekarang, dengan satu minggu tersisa di bulan Mei, setengah dari semua orang dewasa AS telah divaksinasi penuh," penasehat senior COVID-19 Gedung Putih Andy, Slavitt di akun Twitternya, seperti disadur dari Reuters.

Infeksi virus corona baru secara nasional telah menurun secara berkelanjutan karena lebih banyak orang yang divaksinasi.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), AS, Rochelle Walensky mengatakan pada Selasa jumlah kasus rata-rata tujuh hari di Amerika Serikat sekarang di bawah 23.000 per hari, turun sekitar 25 persen dari minggu sebelumnya.

"Saya tetap berhati-hati tetapi berharap tren mereka akan terus menurun," kata Walensky, menambahkan bahwa orang yang belum divaksinasi harus tetap mengikuti pedoman federal tentang jarak sosial dan pemakaian topeng selama akhir pekan Memorial Day mendatang.

Menurut data CDC, rata-rata infeksi baru tujuh hari pada 22.877 pada Minggu adalah yang terendah sejak Juni dan kurang dari sepersepuluh dari puncaknya lebih dari 250.000 setelah liburan Natal dan Tahun Baru. 

Orang-orang berusia 12 tahun sekarang dapat menerima suntikan Pfizer-BioNTech COVID-19, sementara Moderna mengatakan pada hari Selasa bahwa vaksinnya juga efektif pada remaja, membuka pintu kemungkinan vaksin resmi AS kedua untuk remaja akhir tahun ini.

Semakin banyak daerah telah mengumumkan upaya pembukaan kembali lebih lanjut ketika Amerika Serikat menuju kick-off musim panas tidak resmi dengan liburan Memorial Day akhir pekan ini.

Perjalanan AS sedang meningkat dan, meskipun masker masih diperlukan untuk transportasi umum antarnegara bagian, banyak mandat lokal telah dicabut.

FOLLOW US