• Nasional

Vaksin Berhasil, Israel akan Akhiri Pembatasan COVID-19

Asrul | Senin, 24/05/2021 07:28 WIB
Vaksin Berhasil, Israel akan Akhiri Pembatasan COVID-19 Seorang apoteker memegang botol berisi vaksin virus corona Pfizer-BioNTech (COVID-19) pada hari pembukaan pusat vaksinasi di Festhalle di Frankfurt, Jerman, Jerman 19 Januari 2021. (Foto: Die Welt)

Yerusalem, katantt.com - Kementerian Kesehatan Israel mengatakan  akan mengakhiri pembatasan COVID-19 lokal setelah peluncuran vaksin yang berhasil membasmi infeksi baru.

Disadur dari Reuters, dengan mayoritas penduduk telah menerima vaksin Pfizer-BioNTech, dan sekitar 92 persen dari mereka yang berusia 50 tahun ke atas yang diinokulasi atau pulih, Israel secara bertahap membuka kembali ekonominya setelah tiga kali penguncian.

Negara itu melaporkan hanya 12 kasus virus baru pada Sabtu, turun dari puncak harian lebih dari 10.000 pada Januari.

Membatasi aktivitas berisiko lebih tinggi dan membatasi jumlah orang yang dapat berkumpul di area tertentu, dengan "Green Pass" yang dikeluarkan pemerintah yang menunjukkan kekebalan pasca vaksinasi atau pemulihan dari COVID-19 yang memungkinkan kebebasan yang lebih besar.

Menteri Kesehatan Israel, Yuli Edelstein mengatakan pada hari Minggu bahwa tidak akan memperpanjang pengaturan, yang berarti pembatasan dan sistem Green Pass akan dicabut mulai awal Juni.

"Perekonomian dan warga Israel akan mendapatkan ruang ekstra untuk bernapas," katanya, tetapi juga memperingatkan bahwa mereka dapat diberlakukan kembali jika situasi berubah.

Israel masih akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar perjalanan masuk, meskipun telah mulai mengizinkan sekelompok kecil wisatawan yang divaksinasi. Kementerian Kesehatan juga akan mengkaji ulang persyaratan pemakaian masker di ruang tertutup.

FOLLOW US