(Hoaks): MK Dibanjiri Bukti Kecurangan Baru yang Tak Pernah Terbongkar di MK

Reli Hendrikus | Jum'at, 19/04/2024 15:12 WIB

Sebuah video bernarasikan Mahkamah Kostitusi (MK) dibanjiri bukti kecurangan baru yang sebelumnya tak pernah terbongkar beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 18 April 2024. Hoaks

KATANTT.COM--Sebuah video bernarasikan Mahkamah Kostitusi (MK) dibanjiri bukti kecurangan baru yang sebelumnya tak pernah terbongkar beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 18 April 2024.

Hasil Cek Fakta:

Hasil penelusuran yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Video yang ditampilkan hanya menyajikan beberapa cuplikan video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tempo.co berjudul “Jelang Putusan Sengketa Pilpres MK: Banjir Amicus Curiae dan Rencana Demo Pendukung Prabowo” yang dimuat pada 18 April 2024.

Baca juga :

Artikel tersebut membahas tentang puluhan Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan diajukan menjelang putusan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (PHPU Pilpres) atau sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang disebar luaskan oleh channel youtube AKTUAL tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan:

Faktanya dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

Rujukan:

https://nasional.tempo.co/read/1857787/jelang-putusan-sengketa-pilpres-mk-banjir-amicus-curiae-dan-rencana-demo-pendukung-prabowo

 

TAGS : Cek Fakta Hoaks Bukti Kecurangan Baru Pemilu