• Nusa Tenggara Timur

Tim Visitasi Kompolnas RI Kunjungi Polsek Tasifeto Barat Resor Belu

Yansen Bau | Selasa, 09/07/2024 12:01 WIB
Tim Visitasi Kompolnas RI Kunjungi Polsek Tasifeto Barat Resor Belu Ketua Tim Visitasi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI, Muhammad Dawam didampingi Kapolres Belu, AKBP Richo Simanjuntak saat mengunjungi Polsek Tasifeto Barat pada Minggu kemarin

KATANTT.COM---Tim Visitasi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI melakukan kunjungan kerja di Polsek Tasifeto Barat, Polres Belu Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL pada Minggu kemarin.

Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak menjelaskan berbagai terobosan yang telah dilakukan oleh Kapolsek Tasifeto Barat antara lain program pasar UMKM Halilulik, Program ketahanan pangan bersama Veteran cabang Belu yaitu dengan pendampingan holtikultura tanaman tomat.

"Terobosan lainnya dalam menciptakan harkamtibmas yakni sinergitas antara Polri dan TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban di perbatasan dengan rutin melakukan patroli perbatasan bersama Koramil Halilulik dan Satgas Pamtas RI-RDTL Yon 742/SWY," ujar Richo dalam keterangan pers yang diterima media, Selasa (9/7/2024).

Dikatakan, dengan berbagai program dan terobosan yang dilakukan, Polsek Tasifeto Barat berhasil menunjukkan prestasi yang luar biasa dan yakin bisa mendapatkan penghargaan dalam ajang Visitasi Kompolnas Awards 2024.

"Kami berharap upaya dan kerja keras ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan menjadi inspirasi bagi polsek lainnya. Walaupun kami berada di ujung perbatasan, kami berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat," pinta Richo.

Diketahui, Polsek Tasifeto Barat dalam beberapa kegiatan tersebut konteks pelayanan mampu menekan angka kriminalitas pada tahun 2022 berjumlah 52 kasus, 2023 turun 32 kasus dan tahun 2024 semester pertama 11 kasus.

Sementara itu, Ketua Tim, H. Muhammad Dawam mengatakan, tujuan kehadiran mereka di wilayah Kabupaten Belu adalah untuk bisa melihat secara langsung keadaan dan situasi serta untuk bisa bertatap muka langsung dengan anggota Polri Polres Belu khususnya Polsek Tasifeto Barat.

Selain itu tambah dia, kedatangan mereka untuk melakukan peninjauan langsung serta memberikan penilaian terhadap Polsek Tasifeto Barat yang telah berhasil masuk dalam nominasi kompolnas award tahun 2024.

"Visitasi Kompolnas ini merupakan penilaian independen dari Kompolnas untuk seluruh jajaran polsek, Polres, Polda dan Satker mabes di Indonesia dan Polsek Tasifeto Barat ini mendapat Visitasi faktual pada hari ini Minggu 7 Juli 2024. Polsek Tasifeto Barat Resor Belu Polda NTT adalah salah satu Polsek Tibe B yang masuk nominasi di urutan 6 dari 10 besar pada ajang Kompolnas Awards 2024," ujar Muhammad.

Lanjut dia, Kompolnas Award ini sudah berjalan selama 3 tahun berturut-turut. Semenjak kita dilantik tahun 2020, satu tahun pertama tepatnya 2021 kita lakukan konsolidasi kemudian ajang ini kita mulai dari tahun 2022, 2023 dan 2024.

"Penilaian yang kami lakukan bersumber dari informasi yang tersampaikan kepada kami, terkait perkembangan kepolisian yang dilaksanakan Polsek ini dan dari berbagai macam sumber data, sumber informasi dari media, sumber masyarakat lainnya sebagai mitra Kepolisian. Penilaian juri akan kami laksanakan setelah melakukan visitasi di semua tempat. Kami kumpulkan, plenokan mana yang menjadi pemenang pertama," bilang Muhammad.

Masih menurut dia, tugas Kompolnas ada 2, yaitu membantu presiden dalam merumuskan suatu masalah yang ada di Polri dalam mengambil kebijakan dan memberi masukan kepada presiden dalam mengambil keputusan.

Sementara fungsi Kompolnas, melakukan pemantauan dan melakukan penilaian sehingga dalam melakukan penilaian dan yang menjadi juri adalah Kompolnas, Mabes Polri dan Makplush. Makplush sebagai konsultan yang ditujukan secara langsung oleh Kompolnas dan direstui oleh Mabes Polri.

Muhammad meminta kepada Kapolsek Tasbar agar bisa bekerja bersama dengan elemen masyarakat dan bisa bersama-sama melaksanakan pemeliharaan Kamtibmas kewilayahan agar semakin membaik. Diharapkan dengan adanya keterbatasan yang ada Kapolsek tetap meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan setulus hati.

"Berkaitan dengan inovasi-inovasi yang sudah dibuat Polsek Tasifeto Barat dalam pengabdian terbaiknya ke masyarakat sehingga hari ini kami turun melakukan penilaian. Dan karena sifatnya penilaian saya ingin mendapat testimoni dari seluruh masyarakat, baik tokoh agama, tokoh masyarakat maupun aparat pemerintah dan juga TNI. Silahkan bapak ibu berikan testimoni pemanfaatannya polsek Tasbar untuk masyarakat sejauh ini," akhir dia.

Adapun rombongan Kompolnas yang hadir dampingi Ketua Tim Muhammad Dawam yakni, Poengky Indarti, Anggih Saragih serta Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta. Selain itu dihadiri, Kapolsek Tasifeto Barat beserta anggota, Danpos Laktutus Satgas Yonif 742/SWY, Danpos Nanaenoe Satgas Yonif 742/SWY, Camat Nanaet Duabesi, Camat Tasbar, Pj.Desa Naitimu, Ketua LVRI (Veteran) Cabang Belu, tokoh agama, tokoh masyarakat serta sejumlah masyarakat.

FOLLOW US