• Bisnis

Dukung Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Timur, KB Bank Teken Kerja Sama Dengan Produsen Baja

Reli Hendrikus | Sabtu, 08/06/2024 04:19 WIB
Dukung Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Timur, KB Bank Teken Kerja Sama Dengan Produsen Baja Gedung Kantor KB Bank

KATANTT.COM--KB Bank (IDX: BBKP) menandatangani kerja sama pengembangan ekosistem bisnis melalui pembiayaan vendor dan distributor dengan PT Indoberka Investama (Indoberka) yang merupakan salah satu produsen baja ringan terkemuka di Indonesia dengan merek dagang IBI TRUSS.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, pabrikasi, dan distributor rangka atap berbagai varian dan ukuran, Indoberka memiliki jaringan distribusi yang luas di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Sulawesi Selatan. Kerja sama ini juga menjadi bagian dari upaya KB Bank mendukung upaya pemerintah dalam membangun ekonomi Indonesia Timur melalui pembangunan infrastruktur.

Direktur Bisnis SME & Wholesale KB Bank, Yohanes Suhardi menjelaskan, “Kami melihat kedepannya Indonesia Timur akan menjadi wilayah yang akan mendominasi pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga kerja sama ini sekaligus menjadi upaya kami dalam mendukung pertumbuhan ekonomi tersebut, melalui pengembangan ekosistem bisnis.”

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode triwulan I-2024 pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) untuk kawasan timur Indonesia mengalami peningkatan signifikan. Pertumbuhan tertinggi terjadi di Maluku dan Papua sebesar 12,15%, disusul Sulawesi (6,35%), Kalimantan (6,17%), serta Bali dan Nusa Tenggara (5,07%). KB Bank sendiri mentargetkan, sektor infrastruktur sebagai salah satu fokus pertumbuhan bisnis di tahun 2024, bersama dengan sektor industri agrikultur, kesehatan dan electric vehicle.

Di sisi lain, dukungan pemerintah terhadap pembiayaan sektor-sektor pembangunan infrastruktur juga terlihat dengan adanya perluasan insentif, salah satunya yaitu Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) dari Bank Indonesia untuk meningkatkan penyaluran kredit perbankan yang cakupannya kini meliputi sektor penunjang hilirisasi, konstruksi, properti, dan ekonomi kreatif, termasuk sektor otomotif, perdagangan, dan jasa sosial.

Acara penandatanganan kerja sama ini berlangsung di Kantor KB Bank Cabang Pembantu Lenmarc Surabaya, dengan turut dihadiri oleh perwakilan dari KB Bank yaitu; Yohanes Suhardi selaku Direktur Bisnis SME & Wholesale, Handy Darma Kurniawan selaku Kepala Divisi Bisnis SME, Didi Sudira selaku Kepala Kantor Regional V, Andrian Nursin selaku Kepala Departemen Pengembangan Bisnis Wholesale & Solusi Bisnis Baru, dan Fransiskus Yulianto Mage selaku Kepala Bisnis SME Area Kantor Regional V, Lyvia Christania Tantiyono selaku Alt. Kepala Kantor KB Bank Cabang Surabaya.

Sementara dari pihak Indoberka diwakili oleh Yoseph Richard Hartono selaku Komisaris, dan Leonard Hartono selaku Direktur.

FOLLOW US