• Nusa Tenggara Timur

KPU Belu Terima Pendaftaran Roman, Paslon Independen Pilkada 2024

Yansen Bau | Minggu, 12/05/2024 19:46 WIB
KPU Belu Terima Pendaftaran Roman, Paslon Independen Pilkada 2024 Calon independen paket Roman memasukkan berkas dukungan Pilkada serentak ke KPU Belu, Minggu (12/5/2024) sore.

KATANTT.COM---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu terima pendaftaran calon Bupati, Hironimus Mau Luma dan Wakil Bupati, Theodorus Frederikus Seran Tefa yang maju jalur perorangan atau independen dalam Pilkada serentak 2024 mendatang.

Pasangan dengan tagline Roman yang siap bertarung di Pilkada (Bupati-Wakil Bupati) periode 2024-2029 mendaftar ke Kantor KPU Belu di hari terakhir Minggu, (12/5/2024) pukul 16.00 Wita yang dihadiri juga Bawaslu Belu.

Anggota KPU Belu bidang Divisi Teknis dan Penyelenggara, Yoni Neolaka menyampaikan, seluruh berkas dukungan minimal serta sebaran minimal paket Roman yang diserahkan secara keseluruhan lengkap.

"Mulai dari registrasi hingga pencermatan dokumen yang diterima seperti, dokumen B penyerahan, Dokumen B daftar dukungan, B1 KWK dan surat laporan kepada Pimpinan semua sudah diterima dan lengkap," terang dia.

Jelas Neolaka, dukungan KTP dari masyarakat yang dimasukan sebanyak 18.751 dari syarat KPU 16.131 yang tersebar di 12 Kecamatan se-Kabupaten Belu. Seluruh berkas dukungannya sudah kami terima untuk proses selanjutnya.

"Setelah dilakukan pencermatan dan semuanya lengkap baik itu melalui aplikasi Silon maupun fisiknya. Dari bukti dokumen baik Silon maupun fisik yang diperiksa maka KPU Belu menyatakan statusnya diterima dan akan diproses lebih lanjut," terang Neolaka.

Menurut dia, untuk verifikasi administrasi ke I akan dilaksanakan pada 13 hingga 29 Mei 2024. Apabila ada tanggapan masyarakat maka akan dilakukan klarifikasi bersama pihak Bawaslu dan jika dalam verifikasi hasilnya sama atau melebihi syarat dukungan minimal dan sebaran maka akan dilakukan verifikasi faktual ke I dari 3 sampai 16 Juni 2024.

"Tapi kalau misalnya dalam verifikasi administrasi dari 18.751 dukungan yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Belu yang diserahkan ternyata dibawa syarat minimal maupun syarat sebaran maka itu harus gugur dan apabila melebihi syarat minimal dan sebaran maka akan dilanjutkan ke verifikasi faktual ke I dan sistemnya adalah sensus, kami akan bertemu dengan semua pendukung yang dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi administrasi," sebut Neolaka.

Lanjut dia, setelah rekapitulasi verifikasi administrasi dan faktual apabila masih sama dengan syarat minimal dukungan dan sebaran atau melebihi maka dinyatakan memenuhi syarat. "Berarti kami akan memberikan berita acara untuk nanti sebagai dokumen ketika mendaftar di bulan Agustus nanti," bilang Neolaka.

"Apabila dalam verifikasi faktual nanti dibawa dukungan dan sebaran maka masih ada kesempatan dari pasangan calon dan tim untuk memperbaiki dari 1 sampai 7 Juli 2024 dengan syarat gugur 1 ganti 2," tambah dia.

Kesempatan itu, Bakal calon Bupati Hironimus Mau Luma mengungkapkan apresiasi pada pihak KPU Belu yang telah menerima berkas dukungan calon perseorangan paket Roman melalui jalur independen untuk Pilkada Belu tahun 2024.

"Selanjutnya kami bersama tim kerja akan terus berkerja bahu membahu menggalang dukungan masyarakat terhadap paket Roman yang bakal maju melalui jalur independen pada Pilkada Belu tahun ini (2024)," ucap Abang Roma sapaan akrab mantan Kabag Humas Setda Belu itu.

FOLLOW US