• Nusa Tenggara Timur

Lima Warga NTT Tewas Dimangsa Buaya Selama Tahun 2023

Imanuel Lodja | Selasa, 09/04/2024 19:10 WIB
Lima Warga NTT Tewas Dimangsa Buaya Selama Tahun 2023 Seekor buaya yang berhasil ditangkap sejumlah warga di Kabupaten Rote Ndao.

KATANTT.COM-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT mencatat interaksi negatif antara satwa liar buaya dengan manusia di NTT cukup tinggi dibanding provinsi lain. Pada basis data korban, konflik buaya dengan manusia BBKSDA NTT tahun 2023 tercatat 15 warga menjadi korban serangan buaya.

Plt. Kepala BagianTata Usaha BBKSDA NTT, Joko Waluyo, S.Hut menyebutkan dalam kurun waktu tahun 2023, 5 orang meninggal dunia dimangsa buaya.

Konflik tersebut terbanyak di Pulau Timor 7 kejadian, di Pulau Sumba 6 kejadian serta Flores dan Lembata masing-masing 1 kejadian," ujarnya pada Selasa (9/4/2024).

Pada tahun 2024 hingga April 2024 terdapat 2 kejadian konflik yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia.

Ia menyebutkan kalau penyelesaian interaksi negatif ini sebenarnya harus dilakukan dengan memperhatikan akar permasalahan.

"perbaikan habitat berupa hutan mangrove yang rusak serta membatasi aktivitas masyarakat pada kawasan yang diperuntukan sebagai habitat satwa," ujarnya terkait akar permasalahan konflik buaya dan manusia.

Dengan cukup banyaknya buaya yang saat ini berada pada penampungan sementara di BBKSDA NTT, perlu dilakukan upaya untuk mengubah masalah menjadi peluang dengan dibangunnya fasilitas lembaga konservasi umum yang antara lain dimanfaatkan untuk wisata.

Juga diperlukan partisipasi para investor untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan dukungan pendampingan proses perizinan oleh BBKSDA NTT.

 

-

FOLLOW US