• Nusa Tenggara Timur

Polda NTT Kawal Ketat Prosesi Laut Anta Tuan di Kapela Tuan Meninu di Larantuka-Flores Timur

Imanuel Lodja | Jum'at, 29/03/2024 17:52 WIB
Polda NTT Kawal Ketat Prosesi Laut Anta Tuan di Kapela Tuan Meninu di Larantuka-Flores Timur Perayaan Jumat Agung di Kapela Tuan Meninu di Kelurahan Sarotari Tengah, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Jumat (29/3/2024).

KATANTT.COM--Perayaan Jumat Agung ditandai dengan prosesi ibadah pada Jumat (29/3/2024). Suasana sakral menyelimuti Kapela Tuan Meninu di Kelurahan Sarotari Tengah, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT pada Jumat (29/3/2024).

Sebuah peristiwa bersejarah berlangsung yakni prosesi Laut "Anta Tuan". Rangkaian kegiatan yang dipenuhi dengan doa, nyanyian, dan kesempatan untuk mencium Tuhan memperlihatkan kekayaan spiritual masyarakat setempat.

Sekitar pukul 08.00 Wita, pintu kapela terbuka untuk umat dan peziarah. Doa dan nyanyian dilantunkan, menciptakan suasana yang khusyuk.

Selanjutnya dilakukan prosesi laut. Prosesi diawali dengan lagu pembukaan, diikuti dengan tanda salib, pengantar singkat, dan ajakan kepada umat.

Kemudian, ritus sabda memberikan kedalaman spiritual dengan penampilan lamentasi, pembacaan Injil Lukas, dan doa-doa yang khidmat.

Patung Tuhan Yesus wafat di salib diletakkan dalam peti dengan penghormatan yang tinggi oleh petugas. Prosesi Laut kemudian dilanjutkan dengan perarakan yang diawali oleh bendera Tuan Meninu dan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dengan urutan yang teratur.

Suasana semakin kental dengan lagu "Stabat Mater" yang mengiringi langkah-langkah mereka.
Sampai di Pantai depan berok atau aampan, suasana semakin sakral dengan penghormatan yang diberikan kepada peti Tuhan Yesus di Salib.

Disini, para tua adat dan Mama Do dengan penuh kesungguhan menjaga momen tersebut.
Selanjutnya, Berok Tuan Meninu melanjutkan perjalanan menuju Pante Kuce, Kelurahan Pohon Siri, seakan mengukuhkan keagungan dan kesucian perjalanan tersebut.

Tidak hanya kekhusyukan, keamanan acara ini juga dijamin dengan ketat oleh anggota kepolisian Polda NTT dan berbagai instansi, memastikan kelancaran dan kedamaian pelaksanaan Prosesi Laut.

Prosesi Laut "Anta Tuan" di Kapela Tuan Meninu bukan hanya sebuah acara keagamaan, tetapi juga sebuah perjalanan spiritual yang memperlihatkan kekayaan tradisi dan kebersamaan masyarakat setempat.

FOLLOW US