• Nusa Tenggara Timur

Uskup Larantuka Ajak Umat Katolik Sukseskan Semana Santa 2024

Imanuel Lodja | Rabu, 27/03/2024 05:31 WIB
 Uskup Larantuka Ajak Umat Katolik Sukseskan Semana Santa 2024  Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung

KATANTT.COM--Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung menegaskan bahwa kegiatan Semana Santa tahun 2024 akan diselenggarakan dengan aman dan kondusif di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam mensukseskan Semana Santa 2024.

Dalam upaya ini, kerjasama dari semua pihak sangatlah penting untuk menjaga kelancaran dan keselamatan seluruh rangkaian kegiatan Semana Santa. Dengan kehadiran umat Katolik yang datang dari berbagai daerah, keamanan menjadi prioritas utama.

Ia menekankan pentingnya kerjasama yang berkesinambungan dengan pihak keamanan untuk memastikan pelaksanaan Semana Santa berjalan lancar dan aman. Uskup juga mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap waspada menjelang dan selama pelaksanaan Semana Santa.

Dengan nilai toleransi tinggi dan kerjasama antar-lapisan masyarakat, diharapkan tidak akan ada hambatan yang mengganggu jalannya kegiatan.

"Larantuka Kota Rehnya Rosari, Kota Toleransi, Mari Sukseskan Semana Santa Tahun 2024 Sehingga Dapat Berjalan Aman Dan Kondusif," kata Uskup Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung dalam pesannya, Selasa (26/3/2024).

Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, diharapkan Semana Santa 2024 dapat menjadi momen yang sukses dan memberkati bagi semua umat Katolik di Larantuka serta bagi seluruh masyarakat Kota Larantuka.

Semana Santa atau Hari Bae adalah ritual perayaan pekan suci Paskah yang dilakukan selama tujuh hari berturut-turut oleh umat Katolik di Larantuka, Flores Timur.

Kata semana santa berasal dari bahasa Portugis semana yang berarti "pekan" atau "minggu" dan santa yang berarti "suci".

Secara keseluruhan, semana santa berarti pekan suci yang dimulai dari Minggu Palma, Rabu Pengkhianatan, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga perayaan Minggu Halleluya atau Minggu Paskah.

Semana Santa merupakan ikon dari Flores Timur dan menjadi daya tarik tarik tersendiri, baik bagi peziarah maupun wisatawan. Selain menggeliatkan ekonomi dan pariwisata, tradisi ini juga menjadi wujud toleransi antar umat beragama di Flores Timur.

FOLLOW US