• Nusa Tenggara Timur

Pohon Tumbang di Desa Lisedetu-Wolowaru, Dua Bangunan Hancur Tertimpa Batang Pohon

Imanuel Lodja | Sabtu, 16/03/2024 06:30 WIB
Pohon Tumbang di Desa Lisedetu-Wolowaru, Dua Bangunan Hancur Tertimpa Batang Pohon Warga sementara bergotong royong membersihkan batang pohon kapuk yang tumbang di Desa Lisedetu, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende akibat diterpa hujan dan angin kencang, Kamis (14/3/2024).

KATANTT.COM--Pohon kapuk di Desa Lisedetu, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende tumbang diterpa hujan dan angin kencang, Kamis (14/3/2024). Pohon kapuk yang tumbang ini menimpa dua buah bangunan rumah milik warga di sekitar lokasi kejadian.

Dua rumah warga ini terletak di Dusun Boaloka, Desa Lisedetu. Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende. Kedua rumah ini merupakan milik Regina Nona (64) dan Filomena More Pati (35).

Pohon tersebut roboh saat sedang turun hujan intensitas lebat disertai angin kencang.
Akibat robohnya pohon ini, dua korban mengalami kerugian material. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. "Tidak ada korban jiwa. hanya ada kerugian material dari kedua korban yang diperkirakan diatas Rp 50 juta," ujar Kapolsek Wolowaru, Ipda Ubaldus Maku saat dikonfirmasi, Jumat (15/3/2024).

Rumah tinggal milik Regina Nona pun rusak parah. Demikian pula rumah dinas Kantor Perikanan Flores Timur yang ditempati Yohanes Fridolan Nong dan Filomena More Pati rusak berat tertimpa pohon tersebut.

Satu unit sepeda motor jenis honda Verza tanpa menggunakan plat TNKB juga rusak tertimpa batang pohon kapuk tersebut.

Kapolsek Wolowaru, Ipda Ubaldus Maku, SSos, dan personal Polsek Wolowaru yakni Wakapolsek Wolowaru, Aiptu Ramlin, Kanit Binmas Polsek Wolowaru, Aipda Yan N. Bonbalan, Kanit Pospol Moni, Aipda Rofinus Wisang, Kasium Polsek Wolowaru, Bripka Fransiskus Fandi Misu.

Nampak pula, Bhabinkamtibmas Desa Mbuliloo Polsek Wolowaru, Bripka Isra M. Umar, Bhabinkamtibmas Desa Nduaria Polsek Wolowaru, Bripka Kristoforus Woghe dan Banit Intelkam Polsek Wolowaru, Briptu Arifin Wedo turun ke lokasi kejadian.

Hadir pula Camat Wolowaru, Marselinus A. E. Rae, Kasi Pem Wolowaru, Tasmin Bau, Kasi Pol PP, Amrani S. Demu dan Kepala Desa Lisedetu, Silvester Djoni juga mendatangi lokasi kejadian.

Pohon kapuk ini tumbang akibata hujan dan angin kencang. "Pohon kapuk sudah cukup tua, tanah yang lembab dan akar pohon yang sudah rapuh," ujarnya.

Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku, bersama Personil Polsek Wolowaru melakukan beberapa upaya serta memberikan himbauan dengan membantu menebang dan membersihkan ranting pohon kapuk bersama masyarakat sekitar dengan menggunakan satu unit mesin sensor kayu.

Ia menghimbau masyarakat agar menebang pohon yang sudah cukup tua di sekitar tempat tinggal maupun di pemukiman masyarakat. "Selalu waspada dan berhati-hati dengan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir," tandasnya.

FOLLOW US