• Nusa Tenggara Timur

Pohon Reo di Maumere-Sikka Tumbang Diterpa Angin Kencang

Imanuel Lodja | Jum'at, 15/03/2024 08:20 WIB
Pohon Reo di Maumere-Sikka Tumbang Diterpa Angin Kencang Satu Pohon Reo yang diperkirakan berusia 80 tahun di tepi Jalan Likot, Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, NTT akhirnya tumbang, Kamis (14/3/2024) pagi.

KATANTT.COM--Satu Pohon Reo yang diperkirakan berusia 80 tahun di tepi jalan Likot, Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, NTT akhirnya tumbang, Kamis (14/3/2024) pagi.

Tumbangnya pohon ini menghalangi arus lalu lintas Maumere-Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Pohon tua ini tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang sehingga menghalangi jalan Trans Maumere-Larantuka dan arus lalu lintas di lokasi tersebut macet selama beberapa jam.

"Pohon Reo tersebut tumbang karena sudah termakan usia dan akar pohon sudah rapuh karena berusia sekitar 80 tahun," ujar Anselmus, salah satu warga di Kota Maumere. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya pohon reo tersebut.

Kapolsek Waigete, Iptu I Wayan Artawan, SH bersama anggota Polsek Waigete dan masyarakat sekitar lokasi kejadian langsung turun melakukan pembersihan dahan dan ranting pohon tersebut dengan menggunakan parang dan sensor.

Sementara Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong didampingi KBO Sat Lantas Polres Sikka, Ipda Efraim Emanuel dan sejumlah anggota Sat Lantas Polres Sikka juga turun ke lokasi melakukan pengaturan arus lalu lintas jalan trans Maumere-Larantuka.

Dua jam pasca kejadian ini, ranting pohon reo tersebut berhasil dibersihkan dan akses jalan raya/arus kendaraan mulai terbuka dan kendaraan dari dan ke Maumere - Larantuka mulai berjalan normal.

Pohon Reo yang tumbang dan menghalangi jalan raya tersebut berhasil dibersihkan dan arus lalu lintas kembali berjalan normal. Akibat kejadian pohon tumbang tersebut menyebabkan kabel telepon milik Telkom Maumere mengalami kerusakan dan arus lalulintas dari dan ke Maumere - Larantuka mengalami kemacetan dan antrian sekitar 1 kilometer.

FOLLOW US