• Nusa Tenggara Timur

Dihantam Gelombang Saat Tes Mesin, KM Duta Bahagia Tenggelam di Labuan Bajo

Imanuel Lodja | Minggu, 10/03/2024 07:55 WIB
 Dihantam Gelombang Saat Tes Mesin, KM Duta Bahagia Tenggelam di Labuan Bajo Tim SAR Kabupaten Manggarai Barat saat melakukan evakuasi ABK KM Duta Bahagia tenggelam di seputaran Perairan Pulau Sture.

 KATANTT.COM--Kapal Motor (KM) Duta Bahagia GT 19 tenggelam di seputaran Perairan Sture, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Kecelakaan kapal persis di depan Pulau Bidadari ini terjadi pada Sabtu (9/3/2024) petang.

Diperoleh informasi kalau KM Duta Bahagia merupakan kapal berbendera Indonesia yang memuat barang dan sedang melakukan uji coba mesin. Kapal dinahkodai Guntur (19) dengan membawa sejumlah ABK masing-masing Abdulah (60), Irmawan (33) dan Nurjana (35).

KM Duta Bahagia berlayar dari Biningko ke Pulau Bidadari untuk melakukan uji coba atau test mesin kapal. Namun saat akan tiba di Pulau Bidadari, Kabupaten Manggarai Barat, KM Duta Bahagia dihantam ombak dan angin kencang.

KM Duta Bahagia pun terbawa arus dan kandas di Pulau Sture, Kabupaten Manggarai Barat dan kapal pun tenggelam. Tim gabungan dari anggota Satuan Polairud, anggota Satuan Pamobvit, anggota Lanal Labuan Bajo, dan tim SAR Kabupaten Manggarai Barat berupaya melakukan evakuasi pasca menerima panggilan darurat bahwa telah terjadi kecelakaan laut yang mengakibatkan KM Duta Bahagia tenggelam di seputaran perairan Pulau Sture.

Tim gabungan ke lokasi kejadian dengan jarak sekitar 2.73 NM dari pelabuhan ASDP Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Begitu tiba di lokasi kejadian, tim gabungan langsung mengevakuasi seluruh kru KM Duta Bahagia.

Mereka dievakuasi kembali ke pelabuhan ASDP Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat untuk pemeriksaan serta mendapatkan Pelayanan kesehatan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Taksasi kerugian materil belum diketahui karena masih dilakukan perhitungan. Untuk diketahui, saat ini cuaca buruk selalu melanda wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan menganggu aktivitas kapal di laut.

Wakapolres Manggarai Barat, Kompol Budi Guna Putra, SIK membenarkan kejadian ini namun masih dilakukan penanganan lebih lanjut. "Belum ada informasi lebih lanjut," tandasnya saat dihubungi Sabtu (9/3/2024) malam.

FOLLOW US