• Nusa Tenggara Timur

Jembatan di Amfoang Putus Diterjang Banjir, Lumpuhkan Akses Tranportasi

Imanuel Lodja | Jum'at, 08/03/2024 07:57 WIB
Jembatan di Amfoang Putus Diterjang Banjir, Lumpuhkan Akses Tranportasi Jembatan At Enas di RT 03/RW 02, Dusun 1, Desa Binafun, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT, putus total akibat hujan dan banjir

KATANBTT.COM--Hujan intensitas sedang hingga tinggi melanda wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang. Akibatnya, jembatan At Enas di RT 03, RW 02, Dusun 1, Desa Binafun, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, putus.

Hujan deras terjadi sejak Rabu (6/3/2024) sekitar pukul 15.00 Wita hingga Kamis pagi Putusnya jembatan ini mengakibatkan akses transportasi antar kecamatan dari dan ke wilayah tersebut lumpuh total. "Jembatan putus total, saat ini tidak bisa dilalui lagi," ujar Sekretaris Desa Binafun Oktovianus Naibaus, Kamis (7/3/2024).

Ia menjelaskan jembatan tersebut merupakan penghubung utama dari Desa Binafun menuju Desa Bonmuti, Kecamatan Amfoang Tengah. Selanjutnya menuju Desa Taneo Tob, dan Desa Noebesi, Kecamatan Mollo Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Sebaliknya ke ibukota Kecamatan Amfoang Tengah, Fatumonas dan Kota Kupang juga lumpuh total. "Hujan deras sudah sejak Minggu sore sampai hari ini," jelasnya terkait penyebab jembatan putus.

Kepala Desa Binafun, Admin Paulus Baitanu menerangkan pemerintah desa (Pemdes) Binafun sudah melaporkan kejadian tersebut secara lisan ke pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang.
"Laporan tertulisnya kami sementara kerjakan untuk kasih masuk ke Pemkab Kupang. Kemungkinan besok surat sudah masuk," ujarnya.

Kepala desa berharap kondisi jembatan tersebut secepatnya diatasi agar akses transportasi kembali normal sehingga warga yang bepergian ke pasar dan juga anak sekolah tidak lagi terhambat. "Tidak ada jalan alternatif, makanya kami prihatin sekali dengan kondisi saat ini," tambahnya.

Kapolsek Amfoang Utara, Iptu I Nyoman Sarjana yang dikonfirmasi terkait kejadian ini membenarkan. "(Sebenarnya) tidak putus, itu yag di Manubelon Termanu itu kan ada perbaiki yang putus yang lama itu, diberbaiki lagi," ujarnya.

Waktu pelaksanaan Pemilihan Umum, jembatan tersebut amblas lagi sebelah barat yang bagian di utara, tapi oto/mobil masih bisa lewat. saat pengerjaannya kayaknya kurang baik," ujarnya.

FOLLOW US