• Nusa Tenggara Timur

Aneka Kegiatan Meriahkan Kampung Paskah GMIT Horeb Perumnas

Imanuel Lodja | Kamis, 22/02/2024 11:58 WIB
Aneka Kegiatan Meriahkan Kampung Paskah GMIT Horeb Perumnas GMIT Horeb Perumnas mempercayakan kegiatan Paskah tahun 2024 ke rayon III. Koordinator Rayon III GMIT Horeb Perumnas, Alex Malelak pun melakukan berbagai persiapan.

KATANTT.COM--Umat Kristiani sudah memasuki perayaan minggu Sengsara II menjelang hari raya Paskah tahun 2024. Sejumlah gereja di Kota Kupang pun melakukan berbagai persiapan dalam merenungkan dan memperingati minggu sengsara hingga tujuh minggu ke depan.

GMIT Horeb Perumnas mempercayakan kegiatan Paskah tahun 2024 ke rayon III. Koordinator Rayon III GMIT Horeb Perumnas, Alex Malelak pun melakukan berbagai persiapan. Salah satu kegiatan yang dirancang panitia adalah Kampung Paskah yang dipusatkan di enam rayon dalam wilayah pelayanan GMIT Horeb Perumnas.

Sabtu (17/2/2024) kegiatan kampung paskah diawali di rayon III selaku tuan dan nyonya rumah. Jalan Waitama Raya di Kelurahan Nefonaek pun dijadikan lokasi kampung paskah sekaligus dicanangkannya kegiatan kampung paskah untuk rayon lainnya pada enam minggu ke depan.

Pencanangan kampung paskah ditandai dengan penyalaan obor oleh ketua majelis GMIT Horeb Perumnas Kupang, Pdr Merah Dewi A. Fanggidae-Leki dihadiri perwakilan jemaat dari rayon I hingga VI.

Pdt Merah Dewi A. Fanggidae-Leki menyampaikan kalau jemaat mengambil bahagian memperingati kesengsaraan Yesus karena dari peristiwa ini semua umat Kristen akan memperoleh hidup yang kekal. "Perayaan minggu sengsara adalah rasa syukur pada Yesus yang mati dan bangkit bagi manusia," ujarnya.

Melalui kegiatan minggu sengsara dan Paskah, memberi makna dalam kehidupan iman umat Kristen Ia mengajak seluruh warga jemaat di enam rayon wilayah pelayanan GMIT Horeb Perumnas untuk ambil bagian dalam kampung paskah karena apa yang dilakukan dari rayon ke rayon terinspirasi agar lebih meriah sehingga menjadi dasar perarakan obor paskah dari Rayon III hingga ke rayon selanjutnya.

Pendeta Merah pun menyerahkan obor paskah dari Rayon III ke Rayon V selaku tuan rumah kampung paskah pekan ini. Pelaksanaan kampung paskah dilakukan secara bergiliran. Pada setiap hari sabtu, rayon yang menjadi tuan rumah akan menjamu jemaat dari rayon lain dan melakukan berbagai kegiatan iman yang membangun kebersamaan dan persatuan antar anggota jemaat.

Untuk itu, semua jemaat diajak untuk turut mengambil bagian dari kesengsaraan hingga paskah. Jemaat juga diajak untuk menikmati pertumbuhan iman melalui kegiatan yang dilakukan di kampung paskah.

Saat perayaan kampung paskah Sabtu pekan lalu, Rayon III menggelar aneka lomba seperti tebak kitab Perjanjian Lama dan perjanjian baru serta permainan ketangkasan yang dikhususkan bagi kaum ibu GMIT Horeb Perumnas.

Perlombaan ini diikuti perwakilan kaum ibu dan berlangsung meriah disertai aplaus dari jemaat yang hadir. Sabtu pekan ini, jemaat rayon V pun akan menggelar aneka permainan yang dikhususkan bagi kaum bapak dan dilakukan lomba antar rayon.

Koordinator Rayon III GMIT Horeb Perumnas, Alex Malelak mengakui selain kampung paskah, pihaknya juga menghimbau kepada jemaat di rayon memasang simbol paskah berupa salib dan aksesoris paskah di lingkungan rayon masing-masing sejak minggu sengsara I hingga minggu sengsara VII.

Ia juga mengatakan kalau aneka permainan di kampung paskah pada enam rayon yang ada dimaksudkan untuk membangun kebersamaan antar jemaat dan juga bahan perenungan akan kesengsaraan dan kematian Yesus Kristus bagi umat manusia.

"Melalui kampung paskah, umat Kristen diajak melakukan refleksi atas kesengsaraan dan kematian Yesus di kayu salib bagi orang percaya. Kami berharap jemaat di seluruh rayon bisa ambil bagian dalam kegiatan di kampung paskah ini," tandasnya.

FOLLOW US