• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT Apresiasi KPPS di Oepura yang Geser Lokasi TPS karena Hujan

Imanuel Lodja | Rabu, 14/02/2024 12:26 WIB
Kapolda NTT Apresiasi KPPS di Oepura yang Geser Lokasi TPS karena Hujan Kapolda NTT berdialog dengan Petugas KPPS 06 Kelurahan Oepura

KATANTT.COM--Cuaca mendung dan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda Kota Kupang, NTT saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu (14/2/2024). Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kupang terendam banjir dan pencoblosan harus tertunda beberapa saat.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai petugas di TPS harus melakukan terobosan dan mencari jalan keluar menyelamatkan logistik Pemilu terutama surat suara dan bilik suara.

Air hujan merendam sejumlah TPS di Kelurahan Oeba, Pasir Panjang dan Fatubesi Kecamatan Kota Lama Kota Kupang serta beberapa lokasi di Kota Kupang.

Namun turunnya hujan tidak menyurutkan niat warga menggunakan hak pilihnya di TPS.
Warga ke TPS menggunakan payung atau menunggu beberapa saat hingga hujan reda. Begitu hujan agak reda, pemilih pun ke lokasi TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga juga melihat langsung kondisi TPS 06 Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang yang harus bergeser karena hujan disertai angin kencang.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menyempatkan diri mendatangi lokasi TPS ini di Jalan Amabi Kelurahan Oepura pada Rabu (14/2/2024) siang bersama Danrem 161/Wirasakti, Wakapolda NTT, Irwasda Polda NTT dan seluruh pejabat utama Polda NTT serta Kapolresta Kupang Kota.

Orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini berdialog dengan Ketua KPPS di TPS 06 Kelurahan Oepura, Joel Masse. Kepada Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, Ketua KPPS Joel Masse menyampaikan kalau awalnya lokasi TPS dibangun menggunakan tenda di teras Ruko di jalan Amabi Kelurahan Oepura.

Namun hujan mulai turun sejak TPS dibuka sehingga mengganggu aktivitas pelaksanaan pencoblosan. Ketua KPPS mengaku berinisiatif memindahkan lokasi TPS di sebelah Ruko di teras bengkel milik warga.

Sejumlah logistik pun terpaksa dibungkus dengan plastik agar terhindar dari air hujan. Pemilih pun lebih nyaman karena terhindar hujan saat menggunakan hak pilihnya.

Pilihan menggeser lokasi TPS ini diapresiasi Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga saat mendatangi lokasi TPS ini pada Rabu siang. "TPS yang berpindah merupakan kebijakan KPPS karena kondisi cuaca hujan deras maka dipindahkan ke teras rumah," ujar Kapolda NTT.

Jenderal bintang dua ini menganggap apa yang dilakukan KPPS merupakan inovasi positif. "inovasi bagus dan pemungutan suara berjalan baik dan ini merupakan inovasi dan tidak menjadi masalah," tandas mantan Kapolda Papua Barat ini.

Sejak pukul 10.00 wita, Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dan rombongan menggunakan sejumlah bus memantau proses pemungutan suara dan pencoblosan di TPS 01 Airnona di depan SMPN 3 Kota Kupang, TPS 03 Kelurahan Airnona di depan Gereja GMIT Syalom Airnona.

Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga juga mendatangi TPS 06 Oepura, kemudian ke salah satu TPS di Kelurahan Fatukoa, TPS Kelurahan Pasir Panjang dan beberapa TPS lainnya.

Setiap mendatangi TPS, mantan Kapolda Papua Barat dan rombongan hanya memantau dari luar TPS dan berdialog dengan petugas KPPS, Linmas dan saksi.

Tak lupa, dia menanyakan kelancaran proses dan kondisi cuaca serta keamanan warga dalam menggunakan hak pilihnya. "Semua berjalan lancar dan warga menggunakan hak pilihnya dengan sukacita," tandasnya.

FOLLOW US