• Nusa Tenggara Timur

Pantau TPS di Kota Kupang, Kapolda NTT Pastikan Pemilu di NTT Berjalan Lancar

Imanuel Lodja | Rabu, 14/02/2024 12:05 WIB
Pantau TPS di Kota Kupang, Kapolda NTT Pastikan Pemilu di NTT Berjalan Lancar Kapolda NTT dan Danrem 161/Wirasakti saat memantau salah satu TPS di Kelurahan Airnona, Kota Kupang

KATANTT.COM--Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kupang, Rabu (14/2/2024). Kapolda NTT didampingi Danrem 161/Wirasakti, Kepala Binda NTT, para pejabat utama Polda NTT dan Kapolresta Kupang Kota.

Kapolda meninjau beberapa TPS di Kecamatan Kota Raja, Maulafa, Oebobo dan Kota Lama. Saat memantau TPS yang ada di Kota Kupang, Kapolda menyebutkan kalau dari hasil pantauan, masyarakat antusias dan senang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya. "Masyarakat senang datang ke TPS dan tanpa gangguan, namun sedikit terkendala cuaca lagi hujan," ujarnya.

Ia menilai kalau masyarakat merasa bahwa Pemilu adalah pesta demokrasi jadi berjalan lancar. "Masyarakat memilih dengan senang karena ini merupakan pesta," tegasnya.

Selain itu, petugas KPPS dan Linmas serta polisi juga ada di lokasi TPS dan menjalankan tugas dengan baik sehingga pelaksanaan Pemilu berjalan dengan baik. "Kita berdoa agar cuaca bersahabat dan semua pemilih bisa hadir di TPS dengan senang hati," pintanya.

Secara keseluruhan pelaksanaan Pemilu di wilayah NTT aman dan tertib serta tanpa gangguan.
Khusus untuk pelaksanaan perhitungan hasil Pemilu, Kapolda menilai kalau hal tersebut tidak masuk dalam kategori rawan karena hasil Pemilu sudah bisa dipantau semua warga masyarakat.

"(Perhitungan) tidak rawan karena masyarakat menyaksikan dan bisa ikut menghitung sesuai ketentuan, ada saksi dan 7 KPPS serta Linmas dan masyarakat bisa menyaksikan serta merekam hasil perhitungan," jelasnya.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga tetap berpesan agar masyarakat NTT tetap menjaga situasi agar tetap kondusif dan tidak ada perselisihan. "Tetap jaga suasana kerukunan dan kenyamanan di lingkungan kita, jangan berselisih karena pilihan yang berbeda dalam Pemilu," pesannya.

FOLLOW US