• Nusa Tenggara Timur

Meski Kondisi Jalan Rusak, Warga Wolojita-Ende Malah Panen Delapan Ton Bawang Merah

Imanuel Lodja | Kamis, 01/02/2024 11:30 WIB
Meski Kondisi Jalan Rusak, Warga Wolojita-Ende Malah Panen Delapan Ton Bawang Merah Camat Wolojita, Adrianus Muda, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Wolojita, Marianus Mikael Hoba, Kapolsek Wolowaru, Ipda Ubaldus Maku, anggota Babinsa Koramil 1602 02 Wolowaru, Serda Ketut, Kepala Desa Wiwipemo, Sebastianus Aku dan masyarakat Desa Wiwipemo saat panen bawang merah.

KATANTT.COM--Sebuah terobosan dilakukan warga di Kabupaten Ende, guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Warga di Desa Wiwipemo, Kecamatan Wolojita, Kabupaten Ende menanami lereng Gunung Kelimutu.

Kondisi jalan yang rusak parah tidak menyurutkan niat dan tekad warga untuk mengolah lahan yang ada dengan tanaman pertanian. Untuk menempuh lokasi yang terletak di Dusun Detuena, Desa Wiwipemo, Kecamatan Wolojita, Kabupaten Ende, warga harus menempuh perjalanan sejauh dua kilometer yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Kerja keras ini membuahkan hasil. Rabu (31/1/2024), warga yang tergabung dalam kelompok tani melakukan panen perdana hasil pertanian bawang merah. Dari lahan seluas 8 hektar, warga bisa mendapatkan hasil panen sekitar 8,3 ton bawang merah.

Panen perdana tanaman bawang merah ini dihadiri Camat Wolojita, Adrianus Y. Muda, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Wolojita, Marianus Mikael Hoba, Kapolsek Wolowaru, Ipda Ubaldus Maku, anggota Babinsa Koramil 1602 02 Wolowaru, Serda Ketut, Kepala Desa Wiwipemo, Sebastianus Aku dan masyarakat Desa Wiwipemo.

Dari lahan seluas 8 hektar, warga melakukan panen bawang merah 8,3 ton. Kemudian dari hasil panen tersebut, para petani yang tergabung dalam kelompok tani langsung menyortir dengan memilih bulir-bulir terbaik untuk dijual.

Camat Wolojita Adrianus Y. Muda mengapresiasi para petani yang ada di Desa Wiwipemo walau dengan kondisi jalan yang sangat sulit namun semangat para petani untuk mengais rezeki tidak pernah surut.

Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku juga mengapresiasi upaya pemerintah desa yang telah membentuk kelompok tani dan membantu menyiapkan bibit unggul yang dibagikan kepada para Petani.

Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku berharap masyarakat Desa Wiwipemo untuk terus meningkatkan produksi bawang merah paling tidak untuk kebutuhan di Kabupaten Ende.

Kondisi lokasi pertanian tersebut berada di lereng gunung Kelimutu dengan jarak tempuh kurang lebih 2 kilometer dari perkampungan dengan moda transportasi kendaraan roda dua atau jalan kaki.

Masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani tersebut juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Camat Wolojita, Adrianus Y. Muda, Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku, Koramil serta Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Wolojita yang hadir pada acara panen perdana.

Masyarakat tetap menaruh harapan dan memohon kepada pemerintah untuk membantu menyiapkan fasilitas air berupa sumur bor dan infrastruktur jalan ke lokasi pertanian sehingga hasil panen tersebut dapat diangkut menggunakan kendaraan roda empat atau mobil.

FOLLOW US