• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT Pertanyakan Banyak Warga di Kabupaten Kupang Belum Punya e-KTP

Imanuel Lodja | Kamis, 01/02/2024 08:12 WIB
Kapolda NTT Pertanyakan Banyak Warga di Kabupaten Kupang Belum Punya e-KTP Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga saat bertatap muka dengan Forkopimda Kabupaten Kupang, Rabu (31/1/2024) di Polres Kupang.

KATANTT.COM-- Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mendorong partisipasi Pemilu dan perekaman E-KTP di Kabupaten Kupang.

Jenderal polisi bintang dua ini mengingatkan bahwa saat ini masih terdapat ratusan ribu warga di wilayah NTT termasuk di Kabupaten Kupang yang belum memiliki E-KTP.

"Hati-hati dengan masyarakat kita, jangan sampai mereka yang tak punya KTP itu saat pemilihan bikin ulah di TPS nanti," tegas Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga saat bertatap muka dengan Forkopimda Kabupaten Kupang, Rabu (31/1/2024) di Polres Kupang.

Mantan kapolda Papua Barat ini meminta jaminan dari Forkopinda Kabupaten Kupang agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan tertib dalam Pemilu 2024.

Kapolda NTT, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga memberikan sejumlah penegasan kepada Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kabupaten Kupang terkait Pemilu yang tinggal belasan hari.

"Pemilu tinggal belasan hari lagi, apakah kita sudah siap menghadapi semuanya?" ujar Kapolda NTT, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga.

Orang nomor satu di jajaran Polda NTT pun mengharapkan kerjasama semua pihak agar Pemilu bisa berjalan baik, sehingga masyarakat pun siap mengikuti pesta demokrasi nanti.

Kapolda NTT, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga mengingatkan tentang perekaman E-KTP yang masih menunjukkan angka puluhan ribu warga yang belum terekam di seluruh Provinsi NTT.

Ia menyampaikan kekhawatirannya bahwa jika tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat memicu konflik saat pemilu. Bupati Kupang, Drs Korinus Masneno merespon permintaan Kapolda NTT tersebut.

Bupati Kupang Korinus Masneno meyakinkan bahwa Kabupaten Kupang hanya memiliki sekitar 700 warga yang belum terekam E-KTP. Bupati Kupang, Korinus Masneno pun menyebutkan kalau aelama ini, Kabupaten Kupang belum pernah mengalami konflik terkait pemilu.

Terkait perekaman E-KTP, Bupati Kupang Korinus Masneno optimis bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang akan melayani masyarakat yang belum terekam dalam waktu beberapa pekan ke depan.

Kapolda NTT, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga juga memberikan kesempatan kepada unsur masyarakat yang hadir untuk menyampaikan saran dan masukan guna mencari solusi terbaik.

Bupati Kupang Korinus Masneno juga menyambut baik kehadiran Kapolda NTT, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga.dan menggelar tatap muka sebagai forum untuk berdialog dan berbagi informasi.

Tokoh-tokoh penting dari berbagai lembaga dan agama di Kabupaten Kupang juga turut hadir dalam acara tersebut.

FOLLOW US