• Nusa Tenggara Timur

Polri-TNI-Pemkab Flotim Bahu Membahu Penanganan Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Imanuel Lodja | Selasa, 09/01/2024 15:36 WIB
Polri-TNI-Pemkab Flotim Bahu Membahu Penanganan Korban Erupsi Gunung Lewotobi Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, Danrem 161/Wirasakti, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, dan Danlanud El Tari Kupang, Marsma TNI Djoko Hadipurwanto melihat langsung kondisi korban erupsi Gunung Lewotobi di lokasi pengungsian.

KATANTT.COM--Polri, TNI dan Pemkab Flotim berkolaborasi dan bahu membahu menangani persoalan masyarakat yang mengungsi akibat erupsi Gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur.

Senin (8/1/2024), Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, Danrem 161/Wirasakti, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, dan Danlanud El Tari Kupang, Marsma TNI Djoko Hadipurwanto mendatangi langsung warga di lokasi pengungsian.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dan pimpinan TNI memberikan dukungan kepada korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.

Dalam kunjungan ini, Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga melihat kalau masalah kemanusiaan ini sudah tertangani dengan baik.

"Saya lihat semua (erupsi dan dampaknya) dapat tertangani dengan baik," ujar jenderal polisi bintang dua ini.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga juga melihat kalau aparat dan pemerintah serta masyarakat sudah saling membantu dalam menangani masalah di lapangan.

"Pemda, instansi terkait, TNI, Polri dan masyarakat bahu membahu membantu," tambah mantan Kapolda Papua Barat ini.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga bersama Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, dan Danlanud El Tari Kupang, Marsma TNI Djoko Hadipurwanto menyambangi posko pengungsian di Desa Konga dan kantor Camat Wulanggitang.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dan rombongan juga memberikan sejumlah bantuan sosial berupa sembako dan bantuan lainnya seperti masker, selimut, sabun dan handuk serta tikar kepada para korban guna meringankan beban dan membantu proses pemulihan.

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga dan rombongan juga meninjau dapur umum, memastikan kelayakan makanan serta perlengkapan di Posko Brimob.

Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menjelaskan bahwa bantuan ini diberikan secara langsung kepada korban terdampak erupsi, bukan untuk pemerintah daerah setempat.

Orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini menegaskan pentingnya bantuan ini digunakan sebaik-baiknya dan tepat sasaran.

“Semua bantuan ini diberikan untuk pengungsi yang merupakan korban dari erupsi Gunung Lewotobi, bukan untuk pemerintah daerah. Nantinya, bantuan ini dapat dibagikan secara merata kepada masyarakat yang terdampak,” tegasnya.

Ada 335 paket sembako, 27 dos masker dan 202 alat / kelengkapan mandi dan tidur yang diserahkan Kapolda bagi ribuan warga masyarakat yang terkena dampak.

FOLLOW US