• Nusa Tenggara Timur

Sampai Kini Bandara Frans Seda Maumere Masih Ditutup

Imanuel Lodja | Sabtu, 06/01/2024 18:59 WIB
Sampai Kini Bandara Frans Seda Maumere Masih Ditutup Nampak aktifitas di Bandara Frans Seda Waioti-Maumere, Kabupaten Sikka, yang ditutup hingga Sabtu (6/1/2024) pagi.

KATANTT.COM--Penerbangan dari dan ke bandar udara Frans Seda Waioti-Maumere, Kabupaten Sikka, NTT ditutup hingga Sabtu (6/1/2024) pagi. Penutupan ini dilakukan sebagai dampak dari erupsi gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur.

Sebelumnya ada informasi kalau pada Jumat (5/1/2024), Bandara Frans Seda Maumere sudah dan bisa dibuka untuk melakukan perjalanan dari dan ke Maumere, Kabupaten Sikka.

Karena itu sudah ada sejumlah penumpang yang terlanjur berada di Bandara Frans Seda Maumere yang akan melakukan perjalanan ke luar Kabupaten Sikka melalui Bandara Frans Seda Maumere.

Namun karena informasi pembatalan penerbangan dari otoritas bandara baru disampaIkan pada pukul 10:20 Wita, maka semua penumpang diarahkan oleh petugas bandara bersama anggota Pospol KP3 Udara untuk kembali ke rumah masing-masing sambil mengkroscek setiap perkembangan informasi di Bandara Frans Seda Maumere.

BMKG dari otoritas Bandara Frans Seda Maumere kemudian menetapkan kalau penerbangan dari dan ke luar dari Bandara Frans Seda Maumere masih ditutup karena erupsi Gunung Lewotobi.

Terkait dengan pembatalan keberangkatan ini, tiket yang sudah dibeli penumpang dikembalikan secara utuh tanpa ada potongan.

Sementara untuk jadwal penerbangan selanjutnya akan disampaikan kemudian pada kesempatan pertama melalui BMKG dan dari Otoritas Bandara Frans Seda Maumere.

Pada Jumat dijadwalkan ada satu penerbangan yang akan mendarat di Bandara Frans Seda Maumere yakni Pesawat Wings Air.

Namun karena ada surat pembatalan penerbangan dari Otoritas Bandara Frans Seda Maumere, maka pesawat Wings Air tersebut tidak jadi landing di Bandara Frans Seda Maumere dan kembali ke Bandara Eltari Kupang.

Sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas II Maumere bahwa Bandara Frans Seda Maumere akan ditutup sampai tanggal 6 Januari 2024 pukul 06:00 wita.

"Saat ini situasi di Bandara Frans Seda Maumere masih terpantau aman," ujar Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata, SIK, MM, Jumat (5/1/2024).

FOLLOW US