• Nusa Tenggara Timur

Kantor SAR Kupang Siagakan 74 Personil Selama Natal dan Tahun Baru

Imanuel Lodja | Jum'at, 22/12/2023 15:46 WIB
Kantor SAR Kupang Siagakan 74 Personil Selama Natal dan Tahun Baru kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana memantau Posko siaga SAR khusus Nataru 2023 Bandara El Tari Kupang. Pemantauan dimulai sejak tanggal 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

KATANTT.COM--Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang melakukan koordinasi dan pemantauan bersama General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara El Tari Kupang dan GM Garuda Indonesia Branch Office Kupang dalam rangka Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Posko Bandara El Tari Kupang.

Jumat (22/12/2023), kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana memantau Posko siaga SAR khusus Nataru 2023 Bandara El Tari Kupang. Pemantauan dimulai sejak tanggal 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Kepala Basarnas Kupang, I Putu Sudayana mengatakan sebanyak 74 personil SAR Kupang terlibat dalam kegiatan ini. Mereka akan disebar di beberapa titik posko terpadu yang telah dibentuk oleh stakeholder terkait.

Lokasi-lokasi yang menjadi fokus utama Kantor SAR Kupang meliputi, Pelabuhan, Bandara, serta tempat-tempat wisata yang dikhawatirkan mengalami lonjakan wisatawan.

Titik-titik fokus pemantauan dalam Siaga Nataru 2023/2024 di wilayah kerja Kantor SAR Kupang antara lain, Posko Pelabuhan Tenau Kupang, Pelabuhan Ferry ASDP Bolok Kupang, Posko Bandar Udara El Tari Kupang, Posko Bandar Udara Umbu Mehang Kunda Waingapu, Pelabuhan Nusantara Waingapu, Posko Bandar Udara D.C. Saudale, Posko Pelabuhan Ba’a, Posko Bandar Udara A. A. Bere Tallo dan Pelabuhan Atapupu.

Siaga SAR Khusus Nataru yang dilaksanakan Basarnas secara serentak di seluruh Indonesia masih berlangsung. “Perkiraan lonjakan pemudik membuat kita harus lebih waspada dan hati-hati. Perencanaan sudah kita lakukan dengan baik, tetapi pelaksanaannya juga harus baik,” kata Sudayana.

Sudayana juga berharap pelaksanaan posko pemantauan ini akan semakin meningkatkan sinergi antara Basarnas dengan pihak TNI/ Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ASDP, dan berbagai instansi terkait lainnya.

“Kepada segenap aparat dan petugas, baik yang berada di posko maupun di lapangan. Saya berpesan harus siap dengan langkah-langkah antisipatif terhadap segala dinamika di lapangan dan melaksanakan tugas dengan baik, mengedepankan kesabaran dan memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat yang dapat diandalkan," jelasnya.

FOLLOW US