• Nusa Tenggara Timur

Berkas Lengkap, Pasangan Pelaku Buang Bayi di Oeba Dilimpahkan ke Jaksa

Imanuel Lodja | Selasa, 12/12/2023 16:43 WIB
 Berkas Lengkap, Pasangan Pelaku Buang Bayi di Oeba Dilimpahkan ke Jaksa Penyidik Reskrim Polsek Kelapa Lima melimpahkan dua tersangka, barang bukti dan berkas perkara ke kejaksaan, Selasa (12/12/2023).

KATANTT.COM--Kejaksaan Negeri Kota Kupang menyatakan berkas perkara kasus penelantaran anak (buang bayi) lengkap atau P21.

Selasa (12/12/2023), penyidik Reskrim Polsek Kelapa Lima melimpahkan dua tersangka, barang bukti dan berkas perkara ke kejaksaan. Polisi menyerahkan pasangan tersangka ke kejaksaan setelah menjadi tahanan polisi sejak awal November 2023 lalu.

Kapolsek Kelapa Lima, AKP Jemy O Noke, SH, di Polsek Kelapa Lima, Selasa (12/12/2023) membenarkan pelimpahan ini. "(Berkas perkara) sudah lengkap. Makanya kita limpahkan," ujar Kapolsek Kelapa Lima, AKP Jemy O Noke.

Tersangka masih sempat dipertemukan dengan bayi nya yang dirawat di Dinas Sosial. Tersangka kemudian menjalani pemeriksaan medis dan dinyatakan sehat.

Penyidik Reskrim Polsek Kelapa Lima menetapkan dua tersangka dalam kasus buang bayi yaitu ibu bayi dan pacarnya. Dua tersangka masing-masing HN alias Helda dan pacarnya BL (26). Mereka sudah mengakui perbuatannya.

BL ditahan di sel Polsek Kelapa Lima. Sementara Helda sempat dirawat intensif di rumah sakit sehingga belum ditahan. BL diamankan bersama sepeda motor Honda Beat warna merah hitam, Rabu (8/11/2023) malam di depan rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

BL merupakan buruh yang tinggal di Ruko Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. BL mengakui perbuatannya kalau ia yang menjemput pelaku HN dengan sepeda motor pada Minggu (5/11/2023) malam.

Keduanya membungkus bayi yang baru dilahirkan HN pada Minggu petang di kamar kost di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Kota Kupang. Kemudian mereka membawa ke dekat toko Bahagia Kelurahan Oeba, Kota Kupang dan meninggalkan bayi yang disimpan dalam tas McD.

"Kami kalut, takut dan malu," ujar BL singkat, Kamis (9/11/2023) saat ditanya soal alasan ia dan HN membuang bayinya.

FOLLOW US