• Nusa Tenggara Timur

Perumda Pasar Kota Kupang Pantau Harga Sembako Lewat Aplikasi Soda Molek

Reli Hendrikus | Sabtu, 09/12/2023 07:53 WIB
Perumda Pasar Kota Kupang Pantau Harga Sembako Lewat Aplikasi Soda Molek Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) mamantau harga sembako di Pasar Kasih Naikoten beberapa waktu lalu.

KATANTT.COM--Manager Pemasaran Perusahan Umum Daerah (Perumda) Pasar Kota Kupang, Maxi Nomleni mengakuiPprogram Aplikasi Soda Molek sangat membantu tim pemantau inflasi dalam melakukan pemantau harga komoditi pasar.

"Kita sekarang dimudahkan dengan adanya aplikasi “Soda Molek” yang disiapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Kupang, dimana melalui aplikasi ini kita diberikan username untuk mengisi setiap hari atau mengupdate data harga komoditas pasar,” kata Maxi kepada media inj, Jumat (8/12/2023).

Melalui aplikasi “Soda Molek” ini, lanjutnya semua stakeholder yang membutuhkan data dan mengetahui harga komoditas dapat mengaksesnya lewat aplikasi “Soda Molek” tersebut. Dan untuk pengelolaan aplikasi ini PD. Pasar memilki tiga admin untuk tiga pasar besar sudah disiapkan PD. Pasar sendiri. Karena aplikasi “Soda Molek” ini sistim pengambilan harga pada masing -masing pasar yang dilakukan oleh petugas.

”Sesuai hasil monitoring hingga saat ini harga beras yang mengalami kenaikan, namun kami telah melakukan koordinasi dengan para distributor besar yang ada di Kota Kupang, dan juga kita pastikan dengan Bulog secara stock masih aman hingga tiga bulan menyongsong hari raya,” jelasnya.

Dengan ketersediaan stock tersebut, Ia berharap bisa aman hingga tiga bulan menyongsong hari raya sehingga tidak terjadinya kepanikan bagi masyarakat nantinya.

“Ya kalau untuk kondisi harga kebutuhan masyarakat seperti sayur-mayur dan yang lain secara harga masih normal. Hanya beras yang mengalami kenaikan karena sesuai hasil cek kami ke distributor kemarin sesuai informasi kebutuhan beras yang biasanya di ambil dari Sulawesi," katanya.

"Ini ada banyak juga permintaan dari daerah di pulau Jawa.Sehingga suplai dari Sulawesi tidakn hanya untuk Kupang saja, sehingga terjadinya gejolak harga dipasar, Tapi untuk ketersediaan stock beras pada tiga bulan terakhir masih aman,” sambungnya.

Kondisi saat ini, tambahnya ketersediaan beras ditangani secara langsung oleh Bulog pada tiga pasar besar yang ada di kota ini sehingga dapat membantu terjadinya penyeimbang harga beras di pasar.

Ia berharap, agar para pedagang agar bersama-sama.menjaga kestabilan harga komoditas di pasar.(*)

 

FOLLOW US