• Nusa Tenggara Timur

Jelang Nataru, Dinas Ketahanan Pangan Kota Kupang Giatkan Gerakan Pangan Murah

Semy Andy Pah | Minggu, 03/12/2023 15:15 WIB
 Jelang Nataru, Dinas Ketahanan Pangan Kota Kupang Giatkan Gerakan Pangan Murah Iskandar Kapitan

KATANTT.COM--Jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024, Dinas Ketahanan Pangan Kota Kupang menggiatkan Gerakan Pangan Murah di enam kecamatan. Enam kecamatan tersebut yakni Kecamatan Alak, Kota Lama, Kota Raja, Oebobo, Maulafa dan Kecamatan Kelapa Lima.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kupang, Drs, Iskandar Kapitan ditemui di Gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (29/11/2024). Ia menjelaskan bahwa ketahanan pangan itu bukan hanya pangan lokal saja, tapi sekarang punya satu gerakan pangan nasional yaitu gerakan pangan murah.

"Gerakan pangan murah ini bukan subsidi tapi membantu masyarakat lewat menjual barang-barang dari kelompok tani distributor dan kerjasama pihak bulog, mereka menjual bera ke bulog dan beras SPHP itu bukan sama ke beras premium beras SPHP itu sudah subsidi oleh Pemerintah pusat," kata Iskandar.

Menurut Iskandar Kapitan, Gerakan pangan Nasional akan digelar menjelang natal dan tahun baru. Di mana akan digelar pada Desember 2023 mulai tanggal 4 Desember 2023 di tiap-tiap gereja.

Ia menambahkan bahwa Gerakan pangan Nasional hanya digelar selama enam kali dan setiap ekcamatan mendapat kesempatan satu kali.

"Saya berharap masyarakat terus memantau harga-harga pasar pada saat bulan Desember nanti. Saat ini, stok pangan dan beras untuk Kota Kupang masih aman karena kami selalu kerjasama dengan Bulog," katanya.

Terkait inflasi, Iskandar Kapitan mengaku pihaknya terus melakukan pemantauan harga sembako di pasar. Sejauh ini, harga sembako masih terpantau relatif stabil meski ada harga sejumlah bahan pokok yang merangkak naik.

FOLLOW US